Selasa, 20 November 2018

Fix, Tokopedia Sudah Tidak Menerima Internal Dropship

Akhinya saya merasakan sendiri nomor resi penjual dari Tokopedia tidak bisa di gunakan untuk diinput ke penjualan toko saya yang ada di Tokopedia.

domain tokopedia

Pengalaman ini bermula, ketika saya ada pesanan masuk di toko saya yang ada di Tokopedia. Kemudian saya cari produknya di supplier saya yang ada di Shopee. Ketika saya ingin melakukan pembelian ternyata produk tersebut kosong. Kemudian saya melanjutkan pencarian ke Bukalapak untuk mencari stok yang ada. Tetap saja harga lebih mahal dari yang saya jual, dan saya pastikan mereka adalah dropsiper seperti saya.

Baca Juga Cara mengajukan pengembalian dana di Tokopedia

Jalan terakhir saya adalah mulai melakukan pencarian di Tokopedia. Saya ketikan nama produknya namun tidak menemukan produk yang sesuai kata kunci, malah yang muncul produk saya sendiri. ternyata saya lupa, kan yang saya jual itu saya namain sendiri :)..

Kemudian saya download gambar yang ada di toko saya, setelah itu masuk lagi ke aplikasi Tokopedia, saya klik search yang ada diatas yang ada gambar loop dengan keterangan "Cari produk di Tokopedia" lalu klik gambar kamera dan memasukan image produk yang saya download tadi.

Muncul lah beberapa produk sesuai gambar di pencarian. Selanjutnya saya filter dari harga paling rendah dan menemukan produk yang sesuai. gak berpikir panjang saya langsung beli, karena setelah cek di diskusi produk terakhir dan tanggal terupdate, seller menjawab produk ready.

Baca Juga Cara menghapus akun Tokopedia

Karena kebiasaan saya melakukan dropship di Shopee, ketika melakukan cekout pembayaran di Tokopedia, saya mencentang dropshiper. Memasukan nama dan nomor handphone.

Sehari kemudian, seller merespon pesanan saya dengan status pesanan diproses. Saya balik kembali merespon buyer saya dengan merespon terima pesanan. Dua hari kemudian saya mendapatkan email konfirmasi pengiriman bahwa penjual sudah melakukan pengiriman dengan menampilkan nomor resi.

Ketika saya copy nomor resi dan akan diinput di menu konfirmasi pengiriman. Damn! saya langsung mendapatkan peringatan bahwa Tokopedia sudah tidak menerima internal dropshiper.

Karena sebelumnya saya sudah tahu bahwa Tokopedia akan meniadakan dropshiper di platformnya, jadi saya gak begitu panik. Terus apa yang saya lakukan?

Cara mengatasi penolakan dropshipe di Tokopedia:

1. Saya ambil amplop kecil dan menuliskan alamat kantor saya dengan pengirim atas nama toko saya
2. Menuju agen kurir terdekat, kebetulan saya hanya menggunakan JNE.
3. Input resi ke menu konfirmasi pengiriman di toko saya
4. Memberitahukan ke pembeli melalui chat nomor resi asli dari supplier dan memberikan alasan.

Tips Bagi yang masih melakukan dropship dari Tokopedia ke Tokopedia:

1. Usahakan cari dulu produknya di Shopee, Bukalapak ata lainnya.
2. Jika hanya ada di Tokopedia produknya, ketika cekout jangan centang dropshiper. isi catatan pada pesanan "kak, saya dropshiper karena Tokopedia sudah tidak menerima internal dropship, jadi saya tidak centang dropship ketika cekout" Atau abaikan jika memang supplier tidak pernah mencetak invoice ketika melakukan pengiriman.

Itulah sedikit kelumit tentang bisnis dropship, hampir setiap tahun semua platform marketplace yang ada di Indonesia mengeluarkan kebijakan baru yang membuat dropshiper harus pandai mengahadapi dan selalu berimprovisasi untuk bisnisnya.

Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pemain dropship.
Loading...

Artikel Terkait

Fix, Tokopedia Sudah Tidak Menerima Internal Dropship
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Promo Hotel

Booking.com