Kamis, 31 Mei 2018

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia - Pengajuan pengembalian dana di Tokopedia dibagi menjadi dua kategori. Pengembalian dana berdsarkan barang belum sampai dan barang sudah sampai. Namun dari kedua kategori tersebut masih ada spesifikasi lagi.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia


Pengajuan pengembalian dana tokopedia dilakukan di halaman pusat resolusi. Untuk mendapatkan pusat resolusi syaratnya sudah terjadi proses transaksi jual beli dan sudah terbitnya nomor resi pengiriman. Sehingga jika proses di pusat resolusi selesai anda bisa melakukan penarikan dana dari saldo tokopedia.
Supaya bisa mengajukan pengembalian dana, bagaimana langkah - langkahnya? Mari simak bersama dalam uraian dibawah ini.

Pengembalian dana karena barang belum sampai

Syarat yang utama adalah jika pesanan belum di terima hingga estimasi waktu yang telah diberikan oleh kurir terkait, maka anda bisa melakukan pengajuan pengembalian dana berdasarkan status nomor resi pengiriman.

A. Status resi masih dalam pengiriman

Jika pesanan tidak kunjung sampai dalam 5 hari, pengajuan pengembalian dana bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Masuk akun Tokopedia
  2. Klik notifikasi, lalu pilih status pemesanan
  3. Klik Komplain pada pesanan yang belum selesai
  4. Pada munculan pop up, klik belum selesai
  5. Anda akan masuk ke halaman pusat resolusi. Berikan penjelasan masalah anda secara detail di kolom yang sudah disediakan. Klik berikutnya.
  6. Isikan jumlah dana / uang yang ingin diajukan. Lalu klik komplain
  7. Selanjutnya, menunggu persetujuan dari penjual, jika disetujui, maka komplain selesai dan dana akan secara otomatis pindah ke saldo tokopedia anda. Namun, jika penjual menolak solusi yang diajukan, maka akan ada tim dari tokopedia yang membantu dengan memberikan solusi terbaik antara dua belah pihak.

B. Status resi sudah terkirim tapi belum diterima

Jika pesanan sudah terkirim tetapi barang belum diterima, pengajuan pengembalian dana bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Masuk akun Tokopedia
  2. Klik notifikasi, lalu pilih konfirmasi penerimaan
  3. Klik Komplain pada pesanan yang belum selesai
  4. Pada munculan pop up, klik belum selesai
  5. Anda akan masuk ke halaman pusat resolusi. Berikan penjelasan masalah anda secara detail di kolom yang sudah disediakan. Klik berikutnya.
  6. Isikan jumlah dana / uang yang ingin diajukan. Lalu klik komplain
  7. Selanjutnya, menunggu persetujuan dari penjual, jika disetujui, maka komplain selesai dan dana akan secara otomatis pindah ke saldo tokopedia anda. Namun, jika penjual menolak solusi yang diajukan, maka akan ada tim dari tokopedia yang membantu dengan memberikan solusi terbaik antara dua belah pihak.

Pengembalian dana status barang sudah sampai

Kasus ini biasanya barang sudah diterima tapi barang kurang, tidak sesuai, rusak, atau ada kendala ongkos kirim dan harga barang. Pengajuan pengembalian dana bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Masuk akun Tokopedia
  2. Klik notifikasi, lalu pilih status pemesanan
  3. Klik Komplain pada pesanan yang bermasalah
  4. Pada munculan pop up, klik sudah sampai
  5. Silahkan pilih masalah yang sedang dihadapi: 

A. Masalah pada barang yang diterima

Opsi ini dipilih jika produk yang diterima rusak, lost in transit/barang kurang, barang tidak sesuai.
  1. Apabila sudah memilih terkait produk, tentukan produk yang ingin anda komplain. Pilih komplain yang ingin diajukan ke penjual. isi juga jumlah produk yang rusak, lost in transit/barang kurang, barang tidak sesuai serta jelaskan masalahnya lebih detail dalam kolom yang sudah disediakan. Klik berikutnya.
  2. Lampirkan foto produk yang bermasalah, nama penerima, resi. Yang penting bisa memperkuat sebagai bukti atas komplain anda.
  3. Pilih solusi retur produk dan kembalikan dana. Tentukan jumlah dana yang diinginkan, lalu klik komplain.
  4. Selanjutnya tinggal menunggu tanggapan dari penjual di halaman pusat resolusi. Apabila dalam waktu 3x24 jam tidak ada tanggapan dari penjual, anda bisa klik tombol minta bantuan untuk meminta bantuan customer care tokopedia.
  5. Jika penjual menyetujui solusi yang anda kirimkan, segera kirim barang yang akan di retur ke alamat penjual, kemudian masukan nomer resi.
  6. Dana akan di kembalikan ke saldo tokopedia anda setelah barang sudah diterima oleh penjual. Dan mengklik komplain selesai.

B. Masalah harga barang dan ongkos kirim

Opsi ini apabila harga barang dan ongkis kirim dirasa tidak sesuai.
  1. Setelah memilih kategori masalah terkait ongkos kirim/dana sebagian, pilih komplain yang ingn anda ajukan ke penjual. jangan lupa jelaskan detail masalah yang dialami, kemudian klik berikutnya.
  2. Lampirkan foto produk yang bermasalah, nama penerima, resi. Yang penting bisa memperkuat sebagai bukti atas komplain anda. Klik komplain.
  3. Jika penjual menyetujui solusi anda, maka selish ongkir otomatis akan masuk ke saldo tokopedia anda.
Itu lah sedikit uraian singkat tentang Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Loading...
Loading...

Promo Hotel

Booking.com