Rabu, 07 November 2018

Akun Facebook Terkunci Atau Dihack?

Tiba-tiba kemarin pagi tanggal 06 November 2018 akun facebook saya terkunci. Saya tidak bisa masuk walaupun sudah memasukan username/email yang didaftarkan dan sesuai password. Saya kebingungan karena apa ini yang dinamakan akun yang sudah kena hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apapun itu saya tetap mencoba kalem.

aameguchi

Hampir panik gak karuan harus bagaiaman mengatasinya. Karena beberapa minggu yang lalu teman kerja saya juga pernah mengalamai hal demikian, akun facebook terkunci dan diambil alih oleh pihak ketiga. Dan akhirnya lenyap gak bisa dipulihkan.

Karena saat itu masih pagi dan air wudhu masih basah di tubuh ini, sehingga pikiran masih jernih untuk melakukan tindakan awal yang menurut saya bisa mencegah akun facebook terkunci terlalu lama.

Yang pertama saya lakukan yaitu;

- Mengabarkan ke semua teman yang ada di handphone bahwa akun sedang dibajak agar berhati-hati jika ada aktivitas yang mencurigakan mengatasnamakan saya.

- Melakukan Login akun melalui aplikasi baik menggunakan username maupun email.

- Mengambil handphone lainnya untuk ngecek bisa masih ada harapan bisa  masuk atau tidak

- Pinjam hp istri untuk mengintip akun saya masih dalam keadaan aman atau tidak, kebetulan masih aman dan terlihat (biasanya sudah diganti email dan nomor hpnya)

- Masih menggunakan hp istri dan pinjam akun facebooknya buat bikin laporan melalui profil akun saya, melaporkan, saya ingin membantu, dibajak. Langkah itu saya bagikan ke grup WA saya untuk meminta bantuan kepada teman2 bikin laporan.
- Sembari menunggu kabar dari teman grup whatsapp, saya meneruskan mencoba melakukan login dibrowser handphone.Klik lupa kata sandi, kemudian cek email yang didaftarkan ke facebook (jangan samapi email sudah tidak bisa diakses = akun facebook diikhlaskan)

- Saya mencoba masuk melalui link yang dikirim melalui email, masukan kata sandi baru, kemudian muncul halaman review akun facebook, mulai dari komen, post terbaru, like, menambahkan teman, menerima teman. Jika menurut anda tidak ada yang mencurigakan klik lanjutkan sampai ada perintah ganti password baru.

- Sampai disini akun facebook saya sudah bisa diakses. Kemudian mengabarkan ke semua teman di grup WA.

Dari proses akun terkunci sampai bisa dipulihkan kira2 membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Sehingga menyita waktu saya dipagi itu dan mengakibatkan saya datang telat ke tempat kerja.

Ini sedikit cerita saya tentang pengalaman akun facebook terkunci. Jika ada pengalaman yang sama mungkin bisa share melalui kolom komentar.


Artikel Terkait

Akun Facebook Terkunci Atau Dihack?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Loading...
Loading...

Promo Hotel

Booking.com