Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Daftar Ojek Online Grab di Cibubur

Pengalaman Daftar Ojek Online Grab di Cibubur - Akhirnya bisa juga bercerita tentang pengalaman saya daftar jadi driver Grabbike. Sebelumnya saya sudah daftar 3 kali melalui aplikasi grab dengan memasukan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk daftar gabung menjadi bagian dari mitra driver Grab. Dan Alhamdulillah pengajuan saya yang ketiga membuahkan hasil dengan mendapatkan sms pemberitahuan untuk datang ke kantor Grab di Taman Wiladatika Cibubur.

Setelah mendapatkan pemberitahuan untuk datang di Taman Wiladatika Cibubur, saya langsung mempersiapkan semua persyaratan dokumen yang di butuhkan seperti KTP, SIM, STNK dan SKCK semua dokumen ASLI, ingat jangan di photocopy dan jangan dimasukan ke amplop karena nanti sia - sia. Serta membawa uang 100 ribu rupiah untuk topup awal aktivasi aplikasi.

Seperti ini alur saya mendaftar menjadi mitra ojek online Grab Juni 2018. Sebagai informasi tambahan, terakhir pendaftaran menjadi mitra grabbike tanggal 12 Juni dan akan di buka lagi tanggal 20 Juni 2018.
sayarat mendaftar ojek online

Tahap Pertama

Saya berangkat menuju Cibubur habis sholat subuh dari Bogor, dan tiba di lokasi pendaftaran di Taman Wiladatika Cibubur pukul 06.44 WIB. 

Sampai di pintu masuk, saya menuju loket untuk mendapatkan tiket masuk seharga 8 ribu rupiah dan tiket parkir 4 ribu rupiah. Kemudian menuju tempat parkiran, disana saya sudah melihat ada sekitar puluhan motor yang terparkir, sama scurity yang bertugas diarahkan tempat untuk mendaftar Grab.

Sebelum masuk ke kantor, ada petugas dari gran sekitar 3 orang menanyakan maksud dan tujuan saya datang kesana. Saya ditanya daftar langsung atau dapat sms dari grab! kemudian saya menunjukkan sms yang saya terima dari grab. Sama petugas grab saya diarahkan tempat duduknya di pendaftaran regular. Saya langsung menuju tempat duduk (lesehan), disana lihat sudah banyak yang datang.
"Posisi duduk pendaftaran calon mitra driver grab di bagi menjadi 3 bagian, yaitu yang daftar melalui aplikasi kudo, mendaftar langsung ke kantor, dan mendaftar melalui aplikasi Grab (regular)"
 disitu saya menunggu kurang lebih setengah jam hingga proses pendaftaran dimulai.

Tahap Kedua

Setelah menunggu beberapa menit, kemudian salah satu petugas grab memberikan arahan kepada calon mitra grab. Atau cek administrasi yang dibawa calon mitra driver.
  1. Cek semua dokumen yang dibawa seperti KTP, SIM, STNK dan SKCK semua asli dan masih berlaku. 
  2. Dengan deskripsi KTP diusahakan sudah e-KTP, jika masih proses pembuatan harus bawa resi sebagai bukti. Untuk yang beridentitas KTP daerah diharuskan membawa surat domisli (jika lupa bawa surat domisili bisa minta fotoin sama saudara/orang terdekat yang tinggal serumah, kemudian di print untuk dilampirkan). Jika belum e-KTP diperhatiakan masa berlaku.
  3. Untuk SIM perhatiakan masa berlaku, kemudian tidak menerima SIM yang kondisi sedang ditilang dan datang ke kantor membawa surat tilang.
  4. Untuk STNK harus masih aktif atau tidak kadaluarsa, motor yang diterima pembuatan diatas tahun 2009. Untuk pajak motor ada kompensasi, bagi yang pajak motornya nunggak maksimal satu tahun tunggakan.
  5. Untuk SKCK, ini banyak yang fatal, karena banyak yang tidak memperhatikan masa berlaku SKCK. Jadi banyak yang diminta pulang agar memperpanjang SKCK.
  6. Bagi yang berusia diatas 50 tahun wajib membawa surat kesehatan dari rumah sakit atau klinik. Sempat ada yang tidak bawa, kemudian diminta mencari klinik untuk membuat surat kesehatan dan diminta kembali di hari itu juga.
  7. Dibagikan formulir pendaftaran pengemudi Grab dan kode etik mitra 2 W. Diminta mengisi formulir dan tandatangan.
Syarat mendaftar ojek online

Setelah mendapatkan informasi diatas, kemudian saya menunggu lagi beberapa menit sampai petugas yang input data calon mitra driver mempersiapkan semuanya, seperti menyalakan laptop, sambungan internet, dan formulir proses pemeriksaan untuk distempel.

Proses penginputan data pun dimulai, sambil menunggu antrian saya mempersiapkan kelengkapan dokumen asli, ingat semua dokumen dikeluarkan dari amplop supaya prosesnya cepat. 
"Untuk calon mitra driver Grab Wanita, semua proses di prioritaskan, meskipun Anda datang terakhir akan di proses langsung tanpa antri."
Tiba giliran saya untuk proses input data untuk menjadi mitra Grab denga tahap sebagai berikut:
  1. Menyerahkan KTP, SIM, STNK dan SKCK semua asli, dan formulir pendaftaran pengemudi grab dan kode etik. Ingat! jangan menyerahkan dokumen dalam keadaan masih didalam amplop.
  2. Menggunakan jaket Grab yang disediakan untuk proses pengambilan gambar untuk photo profile.
  3. Mengisi data diri pada formulir proses pemeriksaan dan tandatangan
  4. Proses selesai, kemudian menuju proses selanjutnya.
Setelah proses selesai, kemudian menuju tahap selanjutnya yaitu cek kendaraan dan tes drive.

Tahap Ketiga 

Pada tahap ini adalah proses untuk cek kondisi kendaraan dan tes drive. Pastikan semua kondisi kendaraan dalam keadaan baik, seperti rem, lampu depan, lampu belakang rem, lampu sein kanan kiri, ban motor tidak gundul, starter motor kondisi baik. Jika ada komponen dalam keadaan kurang baik, maka anda akan disuruh untuk memperbaikinya dan tidak bisa ikut test drive.

Syarat mendaftar ojek online

Setelah cek kondisi kendaraan, kemudian saya dipersilahkan untuk ikut test drive. Perlu diperhatiakan, jika anda mendaftar sendiri kalau bisa cari partner untuk menjadi yang dibonceng. karena test drivenya harus ada penumpang di belakang.

Karena saya sendirian, jadi memutuskan untuk mencari partner untuk saling bantu jadi penumpang belakang. Saya persilahkan partner dadakan saya untuk mulai lebih dulu, masuk ke area test drive, menyebutkan nama pada petugas, menunggu intruksi untuk jalan. Setelah itu partner dadakan saya sekali coba langsung selesai, diproses akhir minta tandatangan dan stempel pada formulir proses pemeriksaan.

kemudian giliran saya, agak ngantri panjang hingga tiba gilirian saya untuk test drive, jalan kemudian melewati rintangan diatas besi, setelah itu masuk putaran sekali, melewati rintangan zig zag, masuk ke rintangan angka delapan, proses selesai menuju bagian cek poin, minta tandatangan dan stempel. Alhamdulillah saya melakukan tes drive hanya sekali. Kemudian diminta untuk tahap training online di Rumah Jepang.

Untuk test drive diusahakan untuk bisa menguasai track, kaki tidak boleh turun, hanya diberi 2 kesempatan kaki turun jika lebih pasti dusuruh mengulang. Jika mengulang kalau bisa perhatikan teman yang lain yang sukses dalam sekali tes drive. Atau bisa belajar dulu untuk keseimbangan di tempat terpisah. Jika sudah yakin langsung mengjukan remidi, eh mengulang tes maksudnya.


Tahap Keempat

Setelah tadi proses test drive selesai, saya menuju ke Rumah Jepang yang berada di sebelah tempat pendaftaran tadi, jika tidak tahu tanya orang sekitar.

Untuk masuk ke Rumah Jepang saya dan calon mitra lain menunggu kira-kira satu jam sampai semua calon mitra sudah terkumpul semua, atau sudah memenuhi kuota mungkin juga sih.

Setelah di perbolehkan masuk, kami ramai-ramai duduk dengan rapi, tapi sebelum masuk proses pelatihan ada intermezo sedikit mengucapkan Selamat Idul fitri, foto WEfi, relaksasi kemudian menuju proses pelatihan online grabbike.

Pada proses pelatihan ada 2 tahap yang di lalui yaitu pengenalan aplikasi kudo dan pengenalan, cara mengoperasikan aplikasi Grab Driver. Karena saya sudah punya aplikasi kudo, saya mengabaikan proses ini.

Tiba pada proses pengenalan, cara mengoperasikan aplikasi Grab Driver. Disini saya dan rekan yang lain diberi materi berupa slide dan video agar mudah memahaminya. Prosesnya juga agak lama sekitar satu jam kalau gak salah. Di tengah-tengah sesi pengenalan dan cara mengoperasikan aplikasi grab driver saya sempat tertidur dan melewatkan beberapa materi hingga terbangun di penghujung acara buat test sampai mana tadi memperhatiakan materi yang di sampaikan.

kami diminta mengetikan link lupa apa namanya, kemdian muncul google dokumen, disitu ada pertanyaan2 yang harus di jawab. Jika score terkahir kurang dari 80, maka peserta pelatihan harus mengulangi isian sampai mencapai nilai minimal 80.

Alhamdulillah, berkat kebejoan, saya dapat menyelesaikan pertanyaan dengan singkat dan mendapatkan nilai 85. Saya screenshot, kasih ke instrukturnya menujukan nilai dan dikasih stempel. Kemudian diminta ke tahap selanjutnya ke ruangan apa namaya saya lupa untuk aktivasi akun dan menyiapkan uang 100 ribu rupiah.

Syarat mendaftar ojek online

Tahap Kelima

Setelah proses pe;atihan selesai saatnya tahap terakhir yaitu aktivasi akun dan menyiapkan uang 100 ribu rupiah untuk awal topup dan pengambilan atribut pengemudi Grab. Di tahap ini kami di bagi lagi seperti tahap pendaftaran tadi, yaitu yang daftar langsung, daftar melalui aplikasi kudo, dan daftar melalui aplikasi grab. 
"Untuk calon mitra driver Grab Wanita, semua proses di prioritaskan, meskipun Anda datang terakhir akan di proses langsung tanpa antri."
Setelah menunggu antrian cukup lumayan, akhirnya tiba saya untuk aktivasi akun, menyerahkan KTP, SIM dan STNK. Pastikan sudah install aplikasi Grab Driver agar mempercepat aktivasi. Tidak lama kemudian diminta login menggunakan email yang didaftarkan dan aktivasi pun selesai. Sama abang yang aktivasi diminta keruangan pengambilan atribut seperti helm dan jaket.

Saat pengambilan atribut seperti helm dan jaket, saya diminta menunjukkan KTP, SIM, dan STNK. kemudian diserahkan 2 jaket dan 2 helm. Alhamdulillah proses yang saya lalui selesai kurang kebih pada jam satu siang.

Oh ya, berhubung itu helm 2 dan jaket 2, bawanya kan susah, nah di dalam itu ada yang nawarin tali rafiah dengan harg 2 ribu rupiah, kalau bisa ikat sendiri mending beli supaya tidak repot nanti bawa di motor. Tapi saya lebih memilih penjual tali rafiah yang ada di parkiran biar sekalian minta di ikatin, soalnya saya tidak bisa ngikat bawaan di motor.

Demikianlah beberapa tahap yang saya lewatin untuk mendaftar menjadi mitra pengemudi Grab. Semoga apa yang saya bagikan bisa menjadi referensi anda jika ingin bergabung menjadi mitra pengemudi Grab. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

34 komentar untuk "Pengalaman Daftar Ojek Online Grab di Cibubur"

  1. Waduh kayaknya ribet gt ya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ribet gan... Paling bete pas nungguin buka sama dirumah jepang..

      Hapus
  2. Bedanya apa gan, klu daftar langsung / daftar lewat Kudo / daftar lewat aplikasi grab? Terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo daftar langsung, datang ke tempat pendaftaran dengan membawa persyaratan lengkap.. Nah, yang pastinya nanti antriannya beda, dan sangat panjang...

      Daftar lewat kudo = bisa daftar lewat driver grab juga, soalnya setiap driver baru di bekali aplikasi kudo untuk menambah pendapatan. Bisa buat jual pulsa, kuota, topup, dan daftarin driver baru.
      Tapi tetep juga nunggu pemberitahuan untuk registrasi ulang.

      Daftar lewat aplikasi driver grab/aplikasi penumpang..
      Biasanya diarahkan ke web pendaftaran grabny langsung..saya pakai cara ke 3, sehari setelah daftar dapat pemberitahuan untuk datang dan melakukan pendaftaran ulang di hari berikutnya.

      Sebenernya sih mau daftar lewat mana saja gak masalah.

      Hapus
  3. baiknya tiba dilokasi jamber gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah gan... saya kebetulan datang pagi, tapi pas mau pulang jam 1an masih ada yang daftar 2-3 orang..

      Hapus
  4. Kalau pas daftar trs dapat sms disuruh datang tp gk hadir apakah bs di jadwal ulang atau bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. temen pernah sempet nanya gitu, untuk memastikan saya suruh telpon cs grab. Dan dapat jawaban kalau bisa harus datang, kalau tidak datang jika daftar ulang belum tentu akan dapat kesempatan panggilan kedua.

      Hapus
    2. Sy ada panggilan tgl 28 tp bisa datangnya tgl 29 bisa gk yaa

      Hapus
    3. Coba aja konfirmasi dulu gan ke customer service... temen pernah sempet nanya gitu, untuk memastikan saya suruh telpon cs grab. Dan dapat jawaban kalau bisa harus datang, kalau tidak datang jika daftar ulang belum tentu akan dapat kesempatan panggilan kedua.

      Hapus
  5. Mas Aam, bagaimana kalau motor saya tidak bisa starter (cuma bisa engkol).
    apakah akan gagal saat tahap cek kendaraan?
    mohon jawabannya karna saya juga mau melamar..

    BalasHapus
  6. Kalo bisa di benerin mas. . Soalnya ada barengan ibu2 starternya gak bisa suruh benerin dulu. .. Saya aja cuma lmpu belakang suruh benerin dulu.. Kalo bisa benerin sebelum berangkat.. Takut rame...

    BalasHapus
  7. Ini pekerjaan yang memang flexibel bisa atur atur jadwal sendiri, semangat menjemput rizki gusy

    BalasHapus
  8. ternyata untuk menjadi mitra grab lumayan ribet juga ya, saya kira daftar menjadi mitra grab hanya cukup instal aplikasinya aja, ternyata harus ke kantornya juga hehe

    BalasHapus
  9. Ternyata lumayan panjang prosesnya ya. Jadi memang para driver grab sudah terlatih dan teruji ya. Makin merasa aman saja kalau naik grab karena driver nya sudah memiliki kualifikasi sesuai prosedur.

    Terimakasih mas sharing nya.

    BalasHapus
  10. Lumayan ribet untuk menjadi mitra grab ya gan, tes nya hampir mirip dengan mengurus sim. Apakah tes tersebut merata di seluruh wilayah Indonesia gan? Atau hanya di wilayah tertentu saja? Dikarenakan banyak temen saya yang kelihatan nya sangat mudah untuk menjadi mitra grab

    BalasHapus
  11. Wah ternyata daftar grab itu gampang gampang susah ya, tapi apa salahnya mencoba untuk daftar lumayan untuk tambah tambah buat jajan orang rumah, terimaksih min solusi dan share oengalamnya.

    BalasHapus
  12. Mantap..
    Lengkap banget kak.

    Jadi driver ojek online sekarang ini lumayan untuk uang tambahan. Jadi ada bekal kalau besok ingin daftar.

    BalasHapus
  13. Baru tau saya kalau mendaftar Grab prosesnya panjang. Saya kira cuma daftar saja trus dicek kelengkapan kendaraan, setelah itu diterima atau enggak. Ternyata ada prosesnya. Maklum, karena saya belum pernah mendaftar, cukup jadi penumpang saja.

    BalasHapus
  14. waaah ternyata proses daftarnya lumayan panjang juga ya gan.. tapi gpp lah demi ke amanan dan kenyamanan... nanti kalo daftarnya mudah tanpa proses cek yang lengkap bisa saja malah ada mafia yang jadi driver grab..

    tappi lumaya terbantu sekali dengan ada ojek online seperti ini, terutama saya yang jadi anak kosan, kalo males keluar yang tinggal suruh beliin makan..nanti kan datang sendiri..apa lagi kalo mau keluar di saat ujan.. kita tinggal pkae grab mobil aja biar cepet sampai tanpa basah basahan..

    BalasHapus
  15. Ternyata... Prosesnya panjaaaaaaaaaaaaaaannnggggg bbaaaanggeettsss.. Beneran deh.. Meski beberapa data yg diperlukan sudah lengkap tapi ini terlihat membosankan jika pelamar bukan orang yg sabar.. Menunggu dan gak kelar kelar itu adalah hal yg paling tidak ingin aku temui..

    Yeah . .bagaimana pun juga ini sudah ada prosedurnya.. Demi keamanan dan kenyamanan juga... Keep safety..

    BalasHapus
  16. Ternyata prosesnya lumayan panjang dan ribet ya kirain mah gampang hehehe

    BalasHapus
  17. Pengalamannya sangat menginspirasi mas. Walaupun proses pendaftarannya sangat panjang tapi dibalik itu sangat WOW. Sebelumnya saya sempat berkeinginan mau daftar grab juga mas di kota saya sambil kuliah gitu. Tapi Orang Tua ngelarang :( . Kalau boleh tahu suka duka saat jadi driver grab apa aja mas?

    BalasHapus
  18. Ternyata cukup ribet bila ingin mendaftar ojek online. Terutama grab ini, yang diharuskan bisa menguasai kendaraan ketika testimoni Drive, memiliki SKCK yang masih berlaku dan bisa menguasai aplikasi grab tersebut. Saya sangat mengasihani kepada orang tua yang ingin mendaftar ojek online. Karena orang tua sekarang banyak yang gaptek, lebih-lebih yang sudah berumur 50 tahun ke atas. Namun, pengalaman mas ini memberikan saya gambaran tentang cara-cara melewati tes-tes agar bisa menjadi salah satu mitra grab.

    BalasHapus
  19. Waah lengkap banget dah penjelasannya. Ternyata mendaftar di grab tidak semudah yang saya pikirkan sebelumnya.

    Antrian uji kondisi kendaraannya saja panjang banget.

    BalasHapus
  20. Saya baca dari atas sampai bawah, takjub banget dengan metode perekrutan grab bike ini karena sangat selektif dalam menentukan kelayakan kendaraan ataupun pengendaranya yang nantinya akan membawa penumpang. Dan saya salut banget dengan adanya grab di indonesia bisa mengurangi pengangguran. Semoga saja grab atau sejenisnya bisa bertahan di tanah air ini supaya sarana transportasi yang dibutuhkan masyarakat semkin mudah dijangkau dan angka pengangguran bisa semakin ramping.

    BalasHapus
  21. Meskipun saya tidak pernah daftar grab ternyata ribet juga ya, tetapi ada teman saya daftar hanya ke tempat nya lalu kasih fotocopy ktp, dan harus top up saldo minimal 100ribu, dan dikasih tau cara cara nya ,
    Benar adanya gojek grab ini sangat membantu fasilitas penumpang karena misalnya saya sedang keadaan pulang malam jam 12 skrg hanya bisa melalui smartphone dengan memakai aplikasi tidak harus mencari cari ojek sekitar karena mungkin udah pada pulang, hanya grab 24 jam namun hanya beberapa orang, terima kasih mas admin artikel nya

    BalasHapus
  22. Sy sempat kepikiran untuk mendaftar menjadi mitra grab tapi gak tau alurnya seperti apa. Cerita diatas mulai dari pendaftaran sampai endingnya, membuat saya sedikit memiliki gambaran untuk mendaftar. Peranyaannya, apakah semua daerah juga memiliki konsep perekrutan yang sama?

    BalasHapus
  23. ternyata hanya daftar sebagai ojek online gak mudah seperti yang saya kira, ternyata ada prosedurnya juga dan banyak tesnya.

    BalasHapus
  24. Nah, prosesi yang sangat ketat ini seharusnya bisa menjadikan pacuan semangat dalam bekerja. Karena mendapatkannya pun sedikit lama, maka harus bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya dan pastinya grab bisa lebih menjamin keamanan si penumpang nantinya karena pengemudi atau drivernya sudah lulus uji

    BalasHapus
  25. Kalo gampang tanpa proses semua juga udah bisa jadi. Kalo niat ya pasti mau ngak mau. Driver jg cukup banyak dimana2. Komen nya banyak ngeluh aja deh.

    BalasHapus
  26. Wah makasih yah infromasinya, jadi lumayan tau cara daftarnya agak sedikit rumityah.

    BalasHapus