Thursday, June 14, 2018

Pengalaman Daftar Ojek Online Grab di Cibubur

Pengalaman Daftar Ojek Online Grab di Cibubur - Akhirnya bisa juga bercerita tentang pengalaman saya daftar jadi driver Grabbike. Sebelumnya saya sudah daftar 3 kali melalui aplikasi grab dengan memasukan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk daftar gabung menjadi bagian dari mitra driver Grab. Dan Alhamdulillah pengajuan saya yang ketiga membuahkan hasil dengan mendapatkan sms pemberitahuan untuk datang ke Taman Wiladatika Cibubur.

Setelah mendapatkan pemberitahuan untuk datang di Taman Wiladatika Cibubur, saya langsung mempersiapkan semuanya persyaratan dokumen yang di butuhkan seperti KTP, SIM, STNK dan SKCK semua dokumen ASLI, ingat jangan di photocopy dan jangan dimasukan ke amplop karena nanti sia - sia. Serta membawa uang 100 ribu rupiah untuk topup awal aktivasi aplikasi.

Seperti ini alur saya mendaftar menjadi mitra ojek online Grab Juni 2018. Sebagai informasi tambahan, terakhir pendaftaran menjadi mitra grabbike tanggal 12 Juni dan akan di buka lagi tanggal 20 Juni 2018.
sayarat mendaftar ojek online


Tahap Pertama

Saya berangkat menuju Cibubur habis sholat subuh dari Bogor, dan tiba di lokasi pendaftaran di Taman Wiladatika Cibubur pukul 06.44 WIB. 

Sampai di pintu masuk, saya menuju loket untuk mendapatkan tiket masuk seharga 8 ribu rupiah dan tiket parkir 4 ribu rupiah. Kemudian menuju tempat parkiran, disana saya sudah melihat ada sekitar puluhan motor yang terparkir, sama scurity yang bertugas diarahkan tempat untuk mendaftar Grab.

Sebelum masuk ke kantor, ada petugas dari gran sekitar 3 orang menanyakan maksud dan tujuan saya datang kesana. Saya ditanya daftar langsung atau dapat sms dari grab! kemudian saya menunjukkan sms yang saya terima dari grab. Sama petugas grab saya diarahkan tempat duduknya di pendaftaran regular. Saya langsung menuju tempat duduk (lesehan), disana lihat sudah banyak yang datang.
"Posisi duduk pendaftaran calon mitra driver grab di bagi menjadi 3 bagian, yaitu yang daftar melalui aplikasi kudo, mendaftar langsung ke kantor, dan mendaftar melalui aplikasi Grab (regular)"
 disitu saya menunggu kurang lebih setengah jam hingga proses pendaftaran dimulai.

Tahap Kedua

Setelah menunggu beberapa menit, kemudian salah satu petugas grab memberikan arahan kepada calon mitra grab. Atau cek administrasi yang dibawa calon mitra driver.
  1. Cek semua dokumen yang dibawa seperti KTP, SIM, STNK dan SKCK semua asli dan masih berlaku. 
  2. Dengan deskripsi KTP diusahakan sudah e-KTP, jika masih proses pembuatan harus bawa resi sebagai bukti. Untuk yang beridentitas KTP daerah diharuskan membawa surat domisli (jika lupa bawa surat domisili bisa minta fotoin sama saudara/orang terdekat yang tinggal serumah, kemudian di print untuk dilampirkan). Jika belum e-KTP diperhatiakan masa berlaku.
  3. Untuk SIM perhatiakan masa berlaku, kemudian tidak menerima SIM yang kondisi sedang ditilang dan datang ke kantor membawa surat tilang.
  4. Untuk STNK harus masih aktif atau tidak kadaluarsa, motor yang diterima pembuatan diatas tahun 2009. Untuk pajak motor ada kompensasi, bagi yang pajak motornya nunggak maksimal satu tahun tunggakan.
  5. Untuk SKCK, ini banyak yang fatal, karena banyak yang tidak memperhatikan masa berlaku SKCK. Jadi banyak yang diminta pulang agar memperpanjang SKCK.
  6. Bagi yang berusia diatas 50 tahun wajib membawa surat kesehatan dari rumah sakit atau klinik. Sempat ada yang tidak bawa, kemudian diminta mencari klinik untuk membuat surat kesehatan dan diminta kembali di hari itu juga.
  7. Dibagikan formulir pendaftaran pengemudi Grab dan kode etik mitra 2 W. Diminta mengisi formulir dan tandatangan.
Syarat mendaftar ojek online
Formulir proses pemeriksaan 

Setelah mendapatkan informasi diatas, kemudian saya menunggu lagi beberapa menit sampai petugas yang input data calon mitra driver mempersiapkan semuanya, seperti menyalakan laptop, sambungan internet, dan formulir proses pemeriksaan untuk distempel.

Proses penginputan data pun dimulai, sambil menunggu antrian saya mempersiapkan kelengkapan dokumen asli, ingat semua dokumen dikeluarkan dari amplop supaya prosesnya cepat. 
"Untuk calon mitra driver Grab Wanita, semua proses di prioritaskan, meskipun Anda datang terakhir akan di proses langsung tanpa antri."
Tiba giliran saya untuk proses input data untuk menjadi mitra Grab denga tahap sebagai berikut:
  1. Menyerahkan KTP, SIM, STNK dan SKCK semua asli, dan formulir pendaftaran pengemudi grab dan kode etik. Ingat! jangan menyerahkan dokumen dalam keadaan masih didalam amplop.
  2. Menggunakan jaket Grab yang disediakan untuk proses pengambilan gambar untuk photo profile.
  3. Mengisi data diri pada formulir proses pemeriksaan dan tandatangan
  4. Proses selesai, kemudian menuju proses selanjutnya.
Setelah proses selesai, kemudian menuju tahap selanjutnya yaitu cek kendaraan dan tes drive.

Tahap Ketiga 

Pada tahap ini adalah proses untuk cek kondisi kendaraan dan tes drive. Pastikan semua kondisi kendaraan dalam keadaan baik, seperti rem, lampu depan, lampu belakang rem, lampu sein kanan kiri, ban motor tidak gundul, starter motor kondisi baik. Jika ada komponen dalam keadaan kurang baik, maka anda akan disuruh untuk memperbaikinya dan tidak bisa ikut test drive.

Syarat mendaftar ojek online
Antri cek kondisi kendaraan sebelum tes drive


Setelah cek kondisi kendaraan, kemudian saya dipersilahkan untuk ikut test drive. Perlu diperhatiakan, jika anda mendaftar sendiri kalau bisa cari partnet untuk menjadi yang dibonceng. karena test drivenya harus ada penumpang di belakang.

Karena saya sendirian, jadi memutuskan untuk mencari partner untuk saling bantu jadi penumpang belakang. Saya persilahkan partner dadakan saya untuk mulai lebih dulu, masuk ke area test drive, menyebutkan nama pada petugas, menunggu intruksi untuk jalan. Setelah itu partner dadakan saya sekali coba langsung selesai, di proses akhir minta tandatangan dan stempel pada formulir proses pemeriksaan.

kemudian giliran saya, agakngantri panjang hingga tiba gilirian saya untuk test drive, jalan kemudian melewati rintangan diatas besi, setelah itu masuk putaran sekali, melewati rintangan zig zag, masuk ke rintangan angka delapan, proses selesai menuju bagian cek poin minta tandatangan dan stempel. Alhamdulillah saya melakukan tes drive hanya sekali. Kemudian diminta untuk tahap training/pelatihan di Rumah Jepang.

Untuk test drive diusahakan untuk bisa menguasai track, kaki tidak boleh turun, hanya diberi 2 kesempatan kaki turun jika lebih pasti dusuruh mengulang. Jika mengulang kalau bisa perhatikan teman yang lain yang sukses dalam sekali tes drive. Atau bisa belajar dulu untuk keseimbangan di tempat terpisah. Jika sudah yakin langsung mengjukan remidi, eh mengulang tes maksudnya.


Tahap Keempat

Setelah tadi proses test drive selesai, saya menuju ke Rumah Jepang yang berada di sebelah tempat pendaftaran tadi, jika tidak tahu tanya orang sekitar.

Untuk masuk ke Rumah Jepang saya dan calon mitra lain menunggu kira-kira satu jam sampai semua calon mitra sudah terkumpul semua atau sudah memenuhi kuota mungkin juga sih.

Setelah di perbolehkan masuk, kami ramai-ramai duduk dengan rapi, tapi sebelum masuk proses pelatihan ada intermezo sedikit mengucapkan Selamat Idul fitri, foto WEfi, relaksasi kemudian menuju proses pelatihan.

Pada proses pelatihan ada 2 tahap yang di lalui yaitu pengenalan aplikasi kudo dan pengenalan, cara mengoperasikan aplikasi Grab Driver. Karena saya sudah punya aplikasi kudo, saya mengabaikan proses ini.

Tiba pada proses pengenalan, cara mengoperasikan aplikasi Grab Driver. Disini saya dan rekan yang lain diberi materi berupa slide dan video agar mudah memahaminya. Prosesnya juga agak lama sekitar satu jam kalau gak salah. Di tengah-tengah sesi pengenalan dan cara mengoperasikan aplikasi grab driver saya sempat tertidur dan melewatkan beberapa materi hingga terbangun di penghujung acara buat test sampai mana tadi memperhatiakan materi yang di sampaikan.

kami diminta mengetikan link lupa apa namanya, kemdian muncul google dokumen, disitu ada pertanyaan2 yang harus di jawab. Jika score terkahir kurang dari 80, maka peserta pelatihan harus mengulangi isian sampai mencapai nilai minimal 80.

Alhamdulillah, berkat kebejoan, saya dapat menyelesaikan pertanyaan dengan singkat dan mendapatkan nilai 85. Saya screenshot, kasih ke instrukturnya menujukan nilai dan dikasih stempel. Kemudian diminta ke tahap selanjutnya ke ruangan apa namaya saya lupa untuk aktivasi akun dan menyiapkan uang 100 ribu rupiah.

Syarat mendaftar ojek online
Hasil test pengenalan Grab


Tahap Kelima

Setelah proses pe;atihan selesai saatnya tahap terakhir yaitu aktivasi akun dan menyiapkan uang 100 ribu rupiah untuk awal topup dan pengambilan atribut pengemudi Grab. Di tahap ini kami di bagi lagi seperti tahap pendaftaran tadi, yaitu yang daftar langsung, daftar melalui aplikasi kudo, dan daftar melalui aplikasi grab. 
"Untuk calon mitra driver Grab Wanita, semua proses di prioritaskan, meskipun Anda datang terakhir akan di proses langsung tanpa antri."
Setelah menunggu antrian cukup lumayan, akhirnya tiba saya untuk aktivasi akun, menyerahkan KTP, SIM dan STNK. Pastikan sudah install aplikasi Grab Driver agar mempercepat aktivasi. Tidak lama kemudian diminta login menggunakan email yang didaftarkan dan aktivasi pun selesai. Sama abang yang aktivasi diminta keruangan pengambilan atribut seperti helm dan jaket.

Saat pengambilan atribut seperti helm dan jaket, saya diminta menunjukkan KTP, SIM, dan STNK. kemudian diserahkan 2 jaket dan 2 helm. Alhamdulillah proses yang saya lalui selesai kurang kebih pada jam satu siang.

Oh ya, berhubung itu helm 2 dan jaket 2, bawanya kan susah, nah di dalam itu ada yang nawarin tali rafiah dengan harg 2 ribu rupiah, kalau bisa ikat sendiri mending beli supaya tidak repot nanti bawa di motor. Tapi saya lebih memilih penjual tali rafiah yang ada di parkiran biar sekalian minta di ikatin, soalnya saya tidak bisa ngikat bawaan di motor.

Demikianlah beberapa tahap yang saya lewatin untuk mendaftar menjadi mitra pengemudi Grab. Semoga apa yang saya bagikan bisa menjadi referensi anda jika ingin bergabung menjadi mitra pengemudi Grab. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel Terkait

Pengalaman Daftar Ojek Online Grab di Cibubur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

9 comments

June 30, 2018 at 6:01 PM delete



Read more: https://www.autoschadepirens.com/gastenboek/discussioncbm_209007/70/

Reply
avatar
September 14, 2018 at 11:53 AM delete

Gak ribet gan... Paling bete pas nungguin buka sama dirumah jepang..

Reply
avatar
September 19, 2018 at 3:32 AM delete

Bedanya apa gan, klu daftar langsung / daftar lewat Kudo / daftar lewat aplikasi grab? Terimakasih infonya

Reply
avatar
September 19, 2018 at 10:50 AM delete

Kalo daftar langsung, datang ke tempat pendaftaran dengan membawa persyaratan lengkap.. Nah, yang pastinya nanti antriannya beda, dan sangat panjang...

Daftar lewat kudo = bisa daftar lewat driver grab juga, soalnya setiap driver baru di bekali aplikasi kudo untuk menambah pendapatan. Bisa buat jual pulsa, kuota, topup, dan daftarin driver baru.
Tapi tetep juga nunggu pemberitahuan untuk registrasi ulang.

Daftar lewat aplikasi driver grab/aplikasi penumpang..
Biasanya diarahkan ke web pendaftaran grabny langsung..saya pakai cara ke 3, sehari setelah daftar dapat pemberitahuan untuk datang dan melakukan pendaftaran ulang di hari berikutnya.

Sebenernya sih mau daftar lewat mana saja gak masalah.

Reply
avatar
October 3, 2018 at 6:22 PM delete

baiknya tiba dilokasi jamber gan?

Reply
avatar
October 5, 2018 at 12:28 AM delete

terserah gan... saya kebetulan datang pagi, tapi pas mau pulang jam 1an masih ada yang daftar 2-3 orang..

Reply
avatar
October 5, 2018 at 7:17 PM delete

Kalau pas daftar trs dapat sms disuruh datang tp gk hadir apakah bs di jadwal ulang atau bagaimana

Reply
avatar
October 6, 2018 at 12:02 AM delete

temen pernah sempet nanya gitu, untuk memastikan saya suruh telpon cs grab. Dan dapat jawaban kalau bisa harus datang, kalau tidak datang jika daftar ulang belum tentu akan dapat kesempatan panggilan kedua.

Reply
avatar

Promo Hotel

Booking.com