Cara Menghandle Orderan Customer yang Salah Harga Produk di Lazada

Tahukah anda! salah satu masalah seorang penjual online adalah ketika menentukan harga jual produk. Produk sudah di pajang di toko online, kemudian ada pengunjung yang tertarik dan melakukan transaksi pembelian. Ketika akan diproses, eh ternyata harga yang kita pasang salah. Terus bagaimana solusinya?

Proses Penanganan Salah Harga Lazada

1. Memperbaiki harga

Langkah pertama adalah segera perbaiki harga, matikan produk sementara. Cara ini untuk mencegah agar tidak ada orderan yang masuk lagi dengan harga yang salah.

2. Lanjutkan proses pesanan atau batalkan pesanan

Untuk langkah kedua ini ada opsi yang bisa dilakukan, memproses pesanan atau membatalkannya.
  • 2.1 Disarankan tetap proses pesanan, menurut saya jika orderan salah harga yang masuk hanya 1-2 orderan, ada baiknya agar melanjutkan memproses pesanan. Jika harga yang kita masukin lebih tinggi dari harga jual kompetitor bisa jadi ini keuntungan kita. Namun, jika harga lebih rendah dari hpp, bisa jadi keuntungan yang di peroleh sedikit atau rugi karena salah memberikan harga. Jadi, mau rugi maupun untung tetap lanjutkan pesanan.
  • 2.2 Batalkan pesanan, cara membatalkan pesanan juga tidak sembarangan. Ada adab yang harus dijalankan, yaitu memberitahukan kepada pembeli melalui chat, bahwa harga yang kita masukan salah. Pasti nanti akan mendapatkan respon dari pembeli, baik itu respon kecewa atau pembeli memahami masalahnya.


3. Tarik data pesanan yang salah harga

Cara ini dilakukan melalui seller center Lazada yaitu tinjau pesanan. Maksudnya agar data pesanan yang salah harga dipisahkan dengan orderan regular yang tidak mengalami masalah. Sehingga bisa fokus ke proses dan pengiriman orderan yang lain.


4. Buat voucher permintaan maaf

Sebagai permohonan maaf jika orderan dibatalkan adalah membuat voucher untuk pembeli agar tidak kecewa. Voucher bisa dibuat sesuka hati, tapi harus yang pantas agar calon pembeli mau belanja lagi di toko kita.

Cara bikkin voucher :
  1. Pergi ke seller center Lazada
  2. Seller voucher
  3. Kode voucher
  4. Buat voucher baru


5. Chat pelanggan

Informasikan kesalahan harga ke pembeli agar dan memberikan "voucher pemintaan maaf" untuk melakukan pemesanan kembali di toko kita. Gunakan bahasa yang baik agar tidak terjadi salaha paham.


6. Batalkan pesanan

Langkah selanjutnya adalah membatalkan pesanan dengan keterangan salah harga.

Cara Menghandle Orderan Customer yang Salah Harga Produk di Lazada

Peringatan! Membatalkan pesanan akan sangat merugikan toko anda karena dapat :
  • Menurunkan rating toko
  • Dikenakan penalti limit pesanan harian
  • Pembatasan trafik
  • Tidak dapat mengikuti campaign
Baca Juga

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon