Sabtu, 02 Juni 2018

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Yang Sudah Dibayar

Sebagai dropshiper, terkadang saya juga ceroboh ketika melakukan pembelian untuk memproses penjualan saya di toko lain. Pernah ada yang beli brangkas model buku dengan ukuran yang besar, ketika saya meneruskan orderan itu ke Tokopedia, yang saya orderin yang ukuran kecil. Ingat banget waktu itu saya tidak baca ukuran produknya. Sehingga ketika saya beli di Tokopedia dengan harga yang terbilang sangat murah langsung saya beli.

Kesalahan order itu terungkap ketika saya mau rekap order yang masuk dari toko online lain dan pembelian saya ke Tokopedia. Ternyata untuk ukuran brangkas model buku ukuran besar kosong di supplier setelah menemukan perbedaan orderan masuk dan pembelian saya.

Pembatalan pesanan otomatis tokopedia

Untuk menjunjung tinggi profesionalitas saya sebagai penjual, saya pun langsung menghubungi pembeli yang order di toko online saya di marketplace lain. Berhubung akun saya di marketplace lain kena pembatasan akun jadi tidak bisa screen shoot percakapan. Jadi kira-kira seperti ini:
Saya: Selamat pagi kk? Mau konfirmasi untuk pesanan brangkas model buku ukuran besar habis, jika mau size yang kecil langsung kami proses hari ini. terimakasih.
Pembeli: Gak jadi, cancel saja kalau gitu! 
Gak nunggu lama langsung saja saya inisiatif untuk cancel orderan yang sudah terlanjur dibayar. Saya langsung menghubungi penjual sebagai supplier saya untuk membatalkan pesanan saya dengan alasan salah order. Karena sudah langganan jadi pengajuan cancel pesanan langsung di setujui. Langkah selanjutnya saya membatalkan pesanan pembeli saya dengan memberikan kopensasi kode voucher agar dia kembali lagi untuk belanja online di toko saya.

Untuk membatalkan pesanan di Tokopedia caranya sebagai berikut:

Melalui Desktop

  1. Login akun Tokopedia, Klik icon amplop / pesanan di Homepage
  2. Pilih status pemesanan.
  3. Klik ajukan pembatalan atas invoice yang ingin dibatalkan.
  4. Muncul popup pengajuan pembatalan. Kemudian isikan alasan pembatalan pesanan, ajukan.
  5. Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirim ke penjual dan menunggu respon maksimal 2x24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.
Melalui Mobile 

  1. Login ke aplikasi Topedia, Klik icon 3 strip di sebelah kiri
  2. Klik pembelian, lalu status pemesanan
  3. Klik ajukan pembatalan atas invoice yang ingin dibatalkan.
  4. Muncul popup pengajuan pembatalan. Kemudian isikan alasan pembatalan pesanan, ajukan.
  5. Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirim ke penjual dan menunggu respon maksimal 2x24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.

Catatan:

  1. Tombol Ajukan Pembatalan baru akan muncul setelah 6 jam sejak pembayaran Anda diverifikasi oleh Tokopedia atau sejak pesanan diteruskan ke Penjual.
  2. Tombol Ajukan Pembatalan akan hilang jika: 
  • Anda sudah pernah mengajukan pembatalan untuk pesanan tersebut. 
  • Penjual sudah memproses pesanan.
  1. Penjual berhak menolak pembatalan pesanan dari pembeli karena alasan tertentu, seperti produk sudah terlanjur dipesan ke supplier, dan sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, penjual akan tetap memproses pesanan seperti biasa dan kamu bisa memantau status pesanan secara berkala.
Sumber ini saya kutip dari help center tokopedia. Karena kebetulan saya belum ada transaksi yang di batalkan jadi tidak ada metode tutorial gambar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Yang Sudah Dibayar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Loading...
Loading...

Promo Hotel

Booking.com