Pengalaman Mendapatkan Uang Sekian Juta dari Blog

Sedikit cerita tentang pengalaman saya bisa mendapatkan uang tambahan dari internet lewat ngeblog. Melalui blog ini, saya ingin berbagi bagaimana cara saya mendapatkan penghasilan dari internet.

Awal saya mengenal dunia blog, yaitu pada tahun 2011 ketika saya pertama kali bekerja dengan mendapatkan fasilitas komputer dan internet secara gratis dari perusahaan. Mulai dari iseng-iseng baca berita, cari informasi lowongan pekerjaan sampai pada akhirnya mencari informasi bagaimana cara mendapatkan uang dari internet.

cara mendapatkan uang dari blog

Inget sekali, ketika saya mencoba mencari informasi mendapatkan uang dari internet yang muncul pertama adalah bapak Joko Susilo. Beliau ini merupakan sosok fenomenal di dunia internet marketing pada masa itu, mungkin sampai sekarang. Bahasa marketing yang digunakan sangatlah ampuh untuk mendapatkan pembeli.

Karena bahasa marketing yang terlalu tinggi dan kurang realistis, saya hanya membaca informasi-informasi yang sering beliau share saja. Sempat ingin membeli salah satu produknya, tapi waktu itu harga e-booknya masih cukup mahal bagi saya dengan penghasilan UMR hidup di perantauan.

Awal Mula Membuat Blog

Persisnya saya lupa awal mula membuat blog, tapi tepatnya tahun 2013 saya mulai membuat blog dengan platform blogger, sampai sekarang juga masih saya gunakan blogger. Saat itu saya membuat blog kontennya hasil copas artikel dari blog orang lain, karena pada saat itu ketika saya mencari sesuatu yang muncul di halaman pertama. Blog rangking satu, dua, tiga dan seterusnya isi artikelnya sama walaupun beda nama domain websitenya.

Saya berpikir jika saya membuat blog yang isi artikelnya sama dengan artikel blog orang lain, saya rasa tidak apa2 dan tidak akan menimbulkan masalah. Ternyata cara itu salah dan jika masih dipakai dijaman sekarang, jika ketahuan penulisanya bisa diisengin blognya, bahkan jika gabung grup bisa di poyoki ramai-ramai.

Setelah artikel sudah banyak, tidak sengaja melihat iklan dari blog orang tentang google adsense. Setelah itu saya klik iklan tersebut, baca aturan dan cara mendaftarnya karena saya tertarik.

Mengenal Google Adsense

Selesai membaca, kemudian saya mencoba ikut daftar dan mendaftarkan blog pertama saya yang isi artikelnya copas itu. Sempat ditolak karena navigasi yang tidak jelas. Saya coba baca apa saja yang membuat pendaftaran google adsense saya diapproved.

Mulai memperbaiki dan menambahkan yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan pendaftaran google adsense, akhirnya pendaftaran diterima. Setelah itu disuruh membuat unit iklan untuk dipasang kode iklan di blog saya.

Untuk memasang unit iklan di blog juga membutuhkan kerja keras, karena sebagai orang yang baru mengenal google adsense, saya dibuat pusing bagaimana cara menempatkannya. Karena membaca dari panduan google saya malah bingung dengan bahasanya yang baku.

Akhirnya saya bisa membuat unit iklan dan menempatkan kode iklan pada blog saya setelah membaca panduan menempatkan unit iklan di blog dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Tapi saya lupa waktu itu punya siapa.

Setelah sukses memasang iklan di blog, akhirnya iklan pun tayang. Namuan, 2 hari kemudian akun google adsense saya langsung dinonaktifkan karena saya di duga melakukan pelanggaran kebijakan.

Kemudian saya pelajari kembali kebijakan google adsense dan apa saja yang membuat akun di nonaktifkan. Ternyata salah satunya karena selalu merefresh halaman berkali-kali seperti yang pernah saya lakukan. Setelah kejadian itu saya sudah tidak mengurus blog lagi. Merasa putus asa, akhirnya saya meninggalkan main blog hingga tahun 2016.

Kembali Main Blog Karena Penasaran

Padahal tahun 2016 saya sedang sibuk memulai bisnis online jualan di marketplace sebagai dropshiper. Antara 2016-2017 bisnis dropship sedang gurih-gurihnya. Namun pada saat kejayaan bisnis dropship, saya tidak mampu memaksimalkan hingga tertinggal jauh dari teman-teman saya yang dulu sama2 main dropship, dan sekarang mereka sudah memulai memiliki produk sendiri dan usahanya mulai maju dan berkembang.

Karena masih penasaran, saya kembali bermain blog. Modal baca sana sini, gabung grub sana sini, bertanya sana sini, dicuekin, diremehin sampe kenyang. Karena saya masih penasaran bagaimana bisa mendapatkan uang dari blog.

Ketika saya kembali memulai membangun blog, yang saya pikirkan masih "bagaimana caranya blog yang saya buat ini bisa menghasilkan". Apalagi ketika itu saya sering baca dan lihat testimoni blogger mendapatkan uang dari google adsense yang di posting di facebook dengan SS earningnya dan bukti transfer dari google yang masuk ke rekening mereka.

Semakin memikirkan uang, maka semakin keras berpikir hingga pikiran tidak jernih. Jadi tidak tahu konten apa yang akan diisi untuk blog saya. Otak serasa kosong karena yang dipikirkan cara mendapatkan uang dari blog. Tapi blognya tidak diisi-isi sampai masuk tahun 2017 tanpa eksekusi yang nyata.

Main Blog Karena Masih Yakin Akan Menghasilkan

Karena kayakinan akan mendapatkan oenghasilan tambahan dari blog. Pada bulan November 2017 saya memulai dari awal. Membeli domain dan template premium untuk blog saya.

Mindset saya tiba2 berubah, ketika saya berpikir, jika mengerjakan sesuatu orientasinya hasil cepat maka yang akan didapat hanya capek dan malas. Maka dari itu, domain dan template yang saya beli langsung saya manfaatkan.

Saya tuliskan beberapa artikel selama satu bulan meski tidak rutin setiap hari. Sesekali  cek dasboard blogger, lihat perkembangan blog. 0 sampai 10 pageviews tiap hari. Namun, lambat laun ada pengunjungnya juga walaupun masih bisa dihitung satuan.

Setelah satu bulan lebih, saya akhinya memutuskan mengajukan untuk menjadi mitra google adsense. Tidak menunggu lama langsung di jawab ditolak karena belum memenuhi syarat.

Kaitkan Akun Adsense dari Channel Youtube untuk Blog.

Kalau gak salah akhir 2016 ada badai banned akun adsense yang terkait dengan channel youtube baik sementara maupun permanen. Kebetulan channel youtube saya kena banned sementara atau hanya sebulan hingga bisa mengajukan kembali agar moneitize aktif kembali.

Ternyata sebelum sebulan, youtube sudah mengumumkan peraturan baru untuk menjadi mitra youtube untuk memoneitize channel youtube. Syarat minimal 4000 jam views dan 1000 Subscribers.

Karena channel saya belum memenuhui syarat, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan akun adsense dari channel youtube untuk dikaitkan dengan blog agar iklan adsesnse bisa tayang diblog di blog saya.

Berhubung akun adsense youtube bersifat hosted, maka saya harus merubah menjadi non host dengan melakukan upgrade akun google adsense. Cara upgradenya bisa dengan melakukan pendaftaran blog yang sudah ada trafik, domain TLD dan tidak melanggar TOS google adsense.

Proses pendaftarannya pun tidak butuh waktu lama, malam saya ajukan, siangnya sudah dapat email approve dari google adsense. Akhirnya akun adsense saya menjadi non hosted.

Setelah itu langsung saya bikin unit iklan untuk di tempatkan di blog. Setelah iklan tayang, rasanya sangat seneng sekali.

Cerita belum selesai sampai disini. Karena belum cerita bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Bagaimana Cara Saya Mendapatakan uang dari Blog?

Sesuai pengalaman saya sampai saat ini. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan seperti memiliki blog, bisa dibilang susah-susah gampang. Kenapa saya menyatakan demikian? Karena saya juga sudah jatuh bangun dan hampir putus asa. Walaupun yang saya dapatkan masih dibilang sedikit dalam sebulan. Namun, saya memiliki kebanggaan sendiri karena apa yang saya kerjakan dapat menghasilkan juga.

Untuk mendapatkan uang dari blog yang pastinya langkah pertama harus membuat blog, entah itu menggunakan platform gratisan maupun berbayar. Dulu saya juga saya menggunakan yang gratisan, tanpa modal domain dan hosting berbayar. Tapi untuk memenuhi persyaratan agar blog bisa menghasilkan uang minimal harus menggunakan domain TLD.

Domain TLD ini yang pada akhirnya membawa blog saya pada website yang menampung blogger profesional maupun non profesional seperti saya untuk dijadikan influencer untuk melakukan promosi milik brand-brand tertentu di dalam blog saya.

Berikut ini sumber menghasilkan uang dari blog saya.

  1. Menjadi mitra google adsense untuk menayangkan iklan di blog.
  2. Menawarkan jasa upload dan scrap di marketplace.
  3. Content placement, job review.
Dari cara ketiga diatas, saya sudah merasakan uang jutaan rupiah dari blog. Meski masih bernilai kecil tidak seperti anak IM pada umumnya yang mempunyai penghasilan puluhan juta dalam sebulan, tapi saya masih bersyukur walaupun penghasilan yang didapat akumulasi dalam satu tahun.

Menjadi Mitra Google Adsense

Mempunyai akun google adsense adalah pencapaian yang memuaskan bagi para pemula seperti saya. Bagaimana tidak, untuk mengajukan akun adsense susahnya minta ampun. Banyak hal yang harus dilakukan agar memenuhui kebijakan google kemudian pengajuan di approve sama si mbah google.

Saya memanfaatkan akun adsense dari youtube yang sudah dismoneitiz, kemudian saya upgrade akun adsense hosted ke non host agar iklan dapat tayang di blog. Ini adalah salah satu cara saya menghasilkan uang dari blog google adsense.

Sebagai publisher, saya baru bisa merasakan hasil dari adsense setelah setahun menayangkan iklan. Tepat di bulan Desember 2018, saldo ambang batas google adsense saya tercapai dan alhamdulillah bisa dicairkan di bulan Januari 2019.

Cara mendapatkan uang dari internet dan blog


Menawarkan Jasa di Blog

Karena basic saya mainnya di dunia jual beli online, dan sedikit banyak memahami platform marketplace, akhirnya saya memutuskan untuk menawarkan jasa upload produk ke Marketplace. Terutama marketplace lokal yang mempunyai fiture mudah dan tidak ribet. Karena ada beberapa MP sangat rumit digunakan, apalagi bagi pemula.

Dari menawarkan jasa upload ini saya sudah melakukan beberapa perkerjaan untuk upload produk ke marketplace. Meskipun tidak besar, tapi bagi saya ini sangat menyenangkan.

cara mendapatkan uang dari blog

Kalau ada yang minta jas aupload produk, mungkin untuk saat ini off dulu karena sedang ada kesibukan di tempat kerja.

Content Placement dan Job Review

Penyumbang terbesar dari penghasilan blog saya ini ada content placement, sedangkan job review baru sekali.

Untuk mendapatkan kerjasama ini, saya menunggu setelah setahun ngeblog. Pertama kali mendapatkan kerjasama content placement di hargai Rp 50.000. Setelah mendapatkan satu, akhirnya datang kembali kerjasama beberapa content placement dengan harga yang wajar berkali-kali.

Cara mendapatkan penawaran kerjasama content placement sangatlah mudah.
  • Blog mempunyai trafik yang bagus, terawat, dan bukan PBN
  • Gabung grup job untuk blogger di media sosial
  • Daftar website yang menyediakan jasa content placement sebagai publisher seperti Sosiago, Vira[dot]id, Revu, Blogerpartner[dot]id
  • Jangan lupa sertakan minimal alamat email pada blog agar SEO spesialist sebuah perusahaan mudah menghubungi untuk penawaran kerjasama content placement.
cara mendapatkan uang jutaan rupiah dari internet
Dari blog yang saya kelola sekarang ini, alhamdulillah sudah menghasilkan senilai jutaan rupiah yang cukup buat beli pulsa dan perpanjang domain, kalo total pastinya baru sekitar 5 jutaan.. Meskipun tidak banyak seperti blogger banyakan yang penghasilannya sampai puluhan juta dan bisa cair setiap bulannya. Paling tidak ini sudah bisa memotivasi saya agar tetap exist di dunia internet marketing untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah berikutnya.

Dan pada akhirnya banyak yang ingin belajar ngeblog agar bisa mendapatkan uang dari internet. Padahal mereka tidak tahu bagaimana perjuangan orang-orang yang saat ini sudah dalam pencapaiannya. 
Baca Juga

Related Posts

1 komentar

  1. Terimakasih memotivasi sekali artikelnya, semoga saya bisa seperti anda. sukses terus

    BalasHapus


EmoticonEmoticon