4 Rekomendasi Mendapatkan Penghasilan Tambahan Versi Saya

Mencari pekerjaan memang sangat susah. Selain banyak persaingan, kompetensi diri juga dipertimbangkan oleh perusahaan untuk mencari orang yang siap bekerja. Juga, jumlah lowongan pekerjaan berbanding jauh sama jumlah pencari kerja.

mencari penghasilan tambahan untuk karyawan

Sedangkan yang sudah mempunyai pekerjaan, tidak jarang mereka mencari penghasilan tambahan dengan cara bekerja setelah jam kerja normal. Bisa bekerja secara online maupun offline.

Saya bekerja sebagai karyawan swasta, karena demi memenuhi biaya kebutuhan hidup yang semakin lama semakin meningkat. Saya diharuskan mensiasati bagaimana cara agar bisa menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran. Namun, kenyataannya sangatlah susah. Karena pasti ada biaya2 mendadak yang tak terduga jumlah nominalnya diperjalanannya.

Oleh karena itu, saya harus inisitif bagaimana cara saya agar mendapatkan penghasilan tambahan supaya uang gaji bulanan bisa maksimal digunakan untuk memenuhi biaya hidup selama sebulan, sehingga biaya pengeluaran bisa terkontrol dengan baik.

Ada 4 cara yang saya lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, namun semua sudah ada yang terealisasi, ada juga yang belum dan ada juga yang berhenti dijalan.


Berikut ini adalah 4 cara mendapatkan penghasilan tambahan


  1. Membuat blog
  2. Membuat chanel youtube
  3. Jualan online
  4. Menjadi driver aplikasi online

Membuat Blog

Saat ini blog adalah salah satu yang memberikan kontribusi paling besar uang tambahan dari internet. Hampir setiap bulan ada penghasilan yang masuk ke rekening saya, mulai dari tawaran kerjasama content placement, job review, dan jasa upload produk. Pernah juga mendapatkan uang dari google adsense setelah satu tahun lamanya.

Membuat blog sangatlah mudah, tapi mengisi blog dan menentukan arah sebuah blog sangatlah susah. Seperti niche apa yang akan dibuat, kira-kira kontennnya seperti apa dan artikel bagaimana yang enak dibaca. Juga paling penting, bagaimana caranya agar blog yang sudah dibuat ada pengunjungnya.

Tentunya, untuk mendapatkan seorang pengunjung agar mau membaca artikel yang sudah kita tulis di blog tidak semudah bikin status di Facebook langsung dikomen dan like setelah membaca. Masih butuh kerja keras agar blog bisa tampil di halaman depan mesin pencarian seperti google, bing, yahoo dll. Untuk tahap-tahap membuat blog bisa cari di google.

Membuat Channel Youtube

Punya channel youtube tapi sudah tidak terawat, masih sering upload tapi jarang. Dulu ada earningnya waktu youtube masih sangat mudah dimainkan. Sekarang sudah jarang aktif, setelah youtube membuat regulasi baru mengenai Peraturan Youtube Partner Program (YPP) untuk channel yang dapat menampilkan iklan. Yaitu setiap cahnnel yang akan mendapatkan pendapatan dari iklan yang muncul di video, harus mengumpulkan setidaknya 4000 jam tayang dan memilki 1000 subscriber dalam 12 bulan.

Karena belum memenuhui persyaratan terbaru dari youtube, akhirnya channel saya dismoneitiz dan belum pernah sama sekali merasakan pendapatan dari youtube. Meskipun begitu, sudah banyak orang sudah menikmati penghasilan dari youtube. Mulai dari pendapatan terkecil 1 juta 300 ribu rupiah, sampai ratusan juta dalam sebulan. Namun ada juga yang sudah rutin gajian akhirnya dismon paling pedes banned.

Jualan Online

Sangat bersyukur bisa jualan online, meskipun penghasilannya masih pas-pasan, tapi tiap minggu selalu ada pemasukan dari sini.

Sempat pindah platform jualan online, dari marketplace ini dan itu, media sosial ini dan itu. Akhirnya sekarang sudah dapat settingan yang pas untuk jualan produk secara online. Yang dulunya dimulai dari dropship, sekarang sudah bisa stok dan kirim sendiri.

Menjadi Driver Ojek Online

Pekerjaan ini sebenarnya dari tidak sengajaan dan kebingunan di libur panjang lebaran tahun 2017. Seminggu sebelum lebaran, saya dipusingkan mau ngapain jika libur telah tiba. Jika pergi jalan-jalan tidak mungkin selama itu, paling satu sampai 3 hari pergi berlibur untuk mengisi waktu di hari libur cuti panjang.

Saya terpikir untuk bekerja, tapi bingung kerja apa. Akhirnya saya coba buka website Grab mulai mendaftar dan memasukan semua dokumen persyaratn untuk daftar menjadi mitra grab. Tak disangka, sehari setelah mendaftar langsung di minta hadir di hari berikutnya untuk mengikuti training dan mengaktivkan akun grab.

Menurut saya, cara cepat mendapatkan uang adalah menjadi driver ojek online, baik itu grab maupaun gojek. Asal mau langsung action, maka uang akan cepat di dapat.

Saat ini saya menggunakan aplikasi driver grab hanya setelah pulang kerja, jika sempat dan banyak waktu luang ketika berangkat kerja juga mengaktifkan grab driver. Hasilnya hanya cukup untuk mengganti uang bensin. Karena kebetulan jarak rumah ke tempat kerja kurang lebih 40km. Tapi luamayan lah, urusan bahan bakar aman karena sudah ada yang nanggung.

Dari keempat diatas yang belum memberikan kontribusi pendapatan adalah youtube. Namun dari yotube, saya banyak mendapatkan ilmu dan wawasan baru untuk bisa meningkatkan penghasilan tambahan.
Booking.com

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon