Rabu, 06 Juni 2018

Cara Komplain Tokopedia di Pusat Resolusi

Cara Komplain Tokopedia di Pusat ResolusiSelama belanja di Tokopedia pernah kah anda mengalami kendala setelah melakukan transaksi? Seperti kurang barang yang diterima, barang yang diterima rusak, barang yang diterima tidak sesuai pesanan dan lain-lain.

Kendala semacam ini sering terjadi dalam transaksi jual beli online. Apalagi jika dalam season seperti Ramadhan seperti sekarang ini. Terutama bagi supplier penjual kebutuhan lebaran seperti gamis, hijab, baju koko, mukena dan produk lainnya.

Cara Komplain Tokopedia di Pusat Resolusi

Pada ramadhan tahun lalu 2017, saya pernah mengalami kurang barang yang diterima. Tapi bukan produk season Ramadhan, melainkan produk yang akan saya jual lagi di Marketplace lain. Jadi ketika saya tahu produk dalam paket kurang, saya langsung menghubungi supplier, melaporkan bahwa barang yang saya terima kurang 2 box. Langsung sama supplier diminta untuk komplain melalui pusat resolusi.

Langsung saya foto yang di butuhkan sebagai bukti untuk komplain saya di Tokopedia melalui pusat resolusi, seperti produk yang diterima dan nama penerima paket serta resi yang terlampir pada paket yang membungkus produk pesanan saya.

Cara komplain di Tokopedia melalui pusat resolusi sangat mudah, jika melihat dari bantuan Tokopedia semua bisa melakukannya. Langkah-langkahnya seperti ini:


Opsi ini dipilih jika produk yang diterima rusak, lost in transit/barang kurang, barang tidak sesuai.

  • Apabila sudah memilih terkait produk, tentukan produk yang ingin anda komplain. Pilih komplain yang ingin diajukan ke penjual. isi juga jumlah produk yang rusak, lost in transit/barang kurang, barang tidak sesuai serta jelaskan masalahnya lebih detail dalam kolom yang sudah disediakan. Klik berikutnya.
  • Lampirkan foto produk yang bermasalah, nama penerima, resi. Yang penting bisa memperkuat sebagai bukti atas komplain anda.
  • Pilih solusi retur produk dan kembalikan dana. Tentukan jumlah dana yang diinginkan, lalu klik komplain.

Sebagai catatan jika:

Apabila dalam waktu 3x24 jam tidak ada tanggapan dari penjual, anda bisa klik tombol minta bantuan untuk meminta bantuan customer care tokopedia.
Jika penjual menyetujui solusi yang dikirimkan, dana akan di kembalikan ke saldo tokopedia. Dan mengklik komplain selesai.

Kebetulan waktu itu supplier saya sangat kooperatif sekali, setelah saya mengajukan komplain dan menghubungi melalui pesan, penjual langsung menyetujui dan dana saya di kembalikan sebagian dari nilai barang yang diterima kurang.

Namun, cara komplain yang saya ambil dari pusat bantuan Tokopedia di deskripsikan seperi ini:

  1. Sebagai pembeli, Anda dapat menjelaskan kendala transaksi yang terjadi dan solusi apa yang diinginkan.
  2. Saat mengajukan komplain, Anda wajib melampirkan bukti pendukung, seperti kemasan produk, foto produk dari berbagai sisi, nota pemesanan, dan resi penerimaan.
  3. Penjual nantinya akan menanggapi keluhan, memberikan penjelasan, serta menerima solusi atau menawarkan solusi baru.
  4. Setelah Anda dan penjual menyetujui dan melakukan solusi yang sudah disepakati, komplain akan dianggap selesai. Jika Anda dan penjual tidak kunjung menemukan solusi bersama, Anda dapat meminta bantuan ke Customer Care Tokopedia.

Catatan: Pembeli tidak bisa lagi mengajukan komplain terhadap pesanan yang sama setelah 3 hari sejak status komplain telah selesai atau dibatalkan (finished atau canceled).
Sekian cerita singkat mengenai cara komplain di Tokopedia melalui Pusat Resolusi.

Artikel Terkait

Cara Komplain Tokopedia di Pusat Resolusi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Loading...
Loading...

Promo Hotel

Booking.com