3 Cara Pengalaman Saya Mengantisipasi Kehilangan Pekerjaan Dimasa Pandemi Virus Covid-19

Semenjak virus Corona (COVID-19) terdeteksi pertama kali di Indonesia pada bulan Maret 2020, kemudian menjadi pandemi dan menyebar di Indonesia. Banyak perusahaan yang mulai merugi dan gulung tikar, sehingga mengakibatkan banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan karena dirumahkan, bahkan terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK).

Saya termasuk dari banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan karena adanya keputusan perusahaan untuk mengurangangi beban biaya yang disebabkan pendapatan perusahaan menurun dimasa pandemi. Banyak perusahaan melakukan hal yang sama, karena semua orang harus mengikuti intruksi pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Akibat PSBB ini, banyak kantor dan toko tutup sehingga perekonomian lambat berjalan. Adapun yang buka beroperasi dengan persyaratan tertentu.

Tepatnya pada 30 April 2020, saya resmi di PHK perusahaan. Namun hak atas kewajiban peruhasaan masih saya dapatkan, seperti tunjangan hari raya (THR) dan lembur. Meskipun THR yang saya terima tidak full satu bulan gaji karena saya baru 3 bulan bekerja.

Pembayaran gaji pun sesuai dengan peraturan perusahaan, yaitu satu minggu setelah tanggal keluar dari perusahaan, sedangkan THR satu minggu sebelum lebaran. Alhamdulillah, masih ada yang bisa dibelanjakan menjelang idul fitri.

Ketika ada pengumuman pengurangan karyawan satu minggu sebelum pemutusan hubungan kerja. Saya langsung melakukan beberapa upaya agar bisa bepenghasilan ketika sudah di PHK.

  • Mencari informasi pekerjaan di berbagai portal lowongan pekerjaan
  • Mencari sumber bantuan bagi pekerja yang terkena PHK dari perusahaan karena pandemi corona
  • Mencari peluang usaha baru agar dirumah tetap ada penghasilan


Mencari informasi pekerjaan di portal lowongan pekerjaan

Mulai dari Jobstreet, JbsDB, Indeed dan bahkan portal informasi lowongan pekerjaan online lokal saya cari dan mulai applay satu per satu lowongan yang tersedia baik melalui email dan lamar via website. Namun hasilnya sampai 1 bulan lebih tidak ada feedback ataupun panggilan interview. Bahkan, saya juga sudah mengupdate semua profil dan curriculum vitae (CV)

Sampai saya ingat, ada media social yang diperuntukan untuk pencari kerja dan pemberi kerja, yaitu LINKEDIN. Dari sosial media tersebut saya mencari informasi lowongan pekerjaan dengan mem follow perusahaan yang saya tahu dan kemudian melakukan permintaan koneksi orang bekerja di dalamnya. Siapa tahu dari sana ada postingan lowongan pekerjaan.

Setelah lama mempelajari cara linkedin, ternyata saya harus terhubung dengan recruiter dan juga Human Resource (HR) perusahaan agar bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Mulai dari sana banyak sekali informasi pekerjaan, kemudian saya melamar melaui email sesuai dengan permintaan recruiter maupun HR. Tetap saja nihil.

Sampai suatu ketika, saya sudah mulai jarang membuka Linkedin saya fokus ke mencari usaha baru, tiba2 ada permintaan koneksi oleh sebuah perusahaan yang pada saat itu saya cek status sedang aktif untk merekrut karyawan baru.

Saya terima permintaan, selanjutnya kepoin profile perusahaan tersebut pada postingan, saya menemukan bahwa ada loker sesuai dengan skill dan pengalaman saya.

Kemudian saya komen dan DM, ternyata responnya sungguh cepat. Setelah itu saya dikasih nomor user yang sedang mencari kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sampai pada akhirnya, saya mengirimkan pesan melalui whatsApp dan interview ringan dan singkat dengan saling balas chating. 
Tak lama setelah interview melalui WA saya mendapatkan undangan interview langsung, dan selanjutnya di terima bekerja sampai sekarang.


Mencari sumber bantuan bagi pekerja yang terkena PHK dari perusahaan karena pandemi Corona

Perasaan saya sedikit terguncang ketika mendapatkan pemberitahuan bahwa saya masuk daftar karyawan yang akan dirumahkan karena pandemi Corona.

Saya langsung searching di mesin pencari google program pemerintah untuk menanggulangi gelombang PHK akibat pandemi virus Corona. Kemudian saya menemukan salah satunya adalah bantuan langsun tunai (BLT) 600 ribu tiap bulan dan program prakerja.

Saya langsung menyoroti BLT 600 ribu dan mencari apa saja syarat agar mendapatkan bantuan tersebut. Karena jujur saja saya jadi sedikit panik ketika nanti saya akan menjadi pengangguran yang cukup lama karena belum ada kepastian kapan pandemi berakhir dan perusahaan membuka kembali operasional serta lowongan pekerjaan pada saat itu.

Akhirnya melalui RT di tempat tinggal, saya mengajukan sebagai karyawan yang terkena PHK karena dampak pandemi. Karena memang BLT tersbut di peruntukan bagi warga yang terkena pemutusan kerja.

Alhamdulillah, setelah pengajuan beberapa hari kemudian cair. Sehingga membuat lega karena untuk beberapa hari kedepan dapur aman pada bulan itu dan bulan berikutnya, karena memang cairnya setiap bulan selama 3 bulan.


Mencari peluang usaha baru agar dirumah tetap ada penghasilan

Seebenarnya sebelum kena PHK saya sudah mempunyai usaha kecil-kecilan baik online maupun ofline. Tapi itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena memang itu sekedar menambah pemasukan untuk istri saja.

Ketika ada pemberitahuan saya masuk daftar yang terkena pemutusan kerja, saya juga mencari kira2 usaha apa yang hasilnya bisa mencukupi kebutuhan. Karena memang jika hanya mengandalkan usaha jual pulsa dan jualan online yang untuknya 2 ribu rupiah setiap transaksinya, tidak akan mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala pusing gak karuan, tiba-tiba adik saya telpon menawarkan ada dan satu juta di suruh cari usaha yang sekiranya bisa panjang. Saya langsung kepikiran buka usaha hotspot wifi dirumah. langsung saya cari alat yang siap pakai di shopee dan ketemu, tapi harganya 1.6 juta. Adik saya menyanggupi, akhirnya saya punya usaha hotspot dirumah.

Pertama-tama cuma cukup buat bayar kuota, tapi sekarang sudah menghasilkan untuk bersih 30 ribu rupiah perhari setelah mempelajari dan menjalankannya.

Demikian singkat cerita 3 cara saya mengantisipasi kehilangan pekerjaan saat pandemi virus covid-19. 

3 Komentar untuk "3 Cara Pengalaman Saya Mengantisipasi Kehilangan Pekerjaan Dimasa Pandemi Virus Covid-19"

  1. HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  2. HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel