Bingung Memilih Pembangkit Listrik Dengan Kapasitas Tepat? Ini Cara Menentukannya!

Dalam menjalankan sebuah usaha di bidang industri, tentunya membutuhkan pasokan energi listrik secara optimal. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut perlu adanya penyediaan pembangkit listrik cadangan/genset dengan melakukan sewa pembangkit listrik.

Agar penggunaan genset sesuai dengan kebutuhan industri bangunan komersial yang dijalankan, maka harus pandai memilih genset dengan kapasitas yang tepat. Lebih jelasnya, berikut dijelaskan cara-cara mudah untuk menentukan kapasitas kebutuhan pembangkit listrik.

sewa genset


Menghitung Kebutuhan Daya Listrik

Untuk menghitung kebutuhan daya listrik, yang pertama dilakukan yaitu menyusun daftar alat-alat listrik dan barang-barang elektronik yang membutuhkan sumber energi listrik. Setelah itu hitung masing-masing daya yang dibutuhkan, agar genset dapat mencukupi kebutuhan ketika aliran listrik utama mengalami pemadaman. Dengan demikian, pelaku industri dapat menentukan sewa pembangkit listrik dengan tepat.

Menganalisa Kebutuhan Pembangkit Listrik

Umumnya pembangkit listrik cadangan/genset digunakan untuk mengganti aliran listrik utama. Namun tidak semua industri bangunan komersial memfungsikan genset untuk kepentingan tersebut. Di daerah-daerah terpencil dan pelosok, genset justru dijadikan sebagai sumber listrik utama.

Nah apabila genset digunakan sebagai pemasok energi listrik utama, maka sebaiknya pilih jasa sewa pembangkit listrik dengan kapasitas yang lebih besar dari kebutuhan industri. Sebab akan berdampak pada performa mesin jika genset dioperasikan melebihi kapasitas. Selain itu pemakaian maksimum dalam waktu minimal 30 menit akan mengakibatkan genset cepat rusak. Untuk mengoptimalkan sistem kerja genset dalam memasok kebutuhan energi listrik,  perlu adanya surplus kapasitas genset mulai 20% hingga 30%.

Mempertimbangkan Lokasi Industri Bangunan Komersial

Lokasi industri bangunan komersial yang dikelola sangat menentukan jenis genset yang dibutuhkan. Apabila lokasi industri terletak di daerah terpencil dan sulit dijangkau sumber listrik yang utama, maka kapasitas genset yang dibutuhkan lebih besar. Di samping itu, akses jalan menuju lokasi industri juga menjadi penentu dimensi pembangkit listrik cadangan yang digunakan.

Demikian langkah-langkah yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan kapasitas energi listrik yang dibutuhkan. Supaya industri berjalan sesuai harapan, pilihlah jasa konsultan kelistrikan yang sudah berpengalaman dengan memiliki tim ahli berstandar internasional dalam bidang permodelan dan simulasi energi, elektronika, tekhnik mesin, dan audit energi listrik yang handal dalam melakukan perancangan energi efisiensi yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku bisnis industri. Selain itu pelayanan yang ditawarkan dari perusahan jasa konsultan listrik juga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan jasa sewa pembangkit listrik yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Bingung Memilih Pembangkit Listrik Dengan Kapasitas Tepat? Ini Cara Menentukannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel