Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Sebagai Jobseeker, saya ingin berbagi bagaimana cara membuat kalimat yang tepat untuk mempromosikan diri saat melamar pekerjan melalui aplikasi Jobstreet. Contoh kalimat yang akan saya tuliskan di artikel ini dijamin akan membuat aplikasi lamaran anda di respon sama HR perusahaan yang anda lamar, bahkan jika beruntung anda bisa dipanggil untuk mengikuti interview dan psikotes.

Yang akan saya bagikan ini berdasarkan pengalaman yang sudah saya lakukan. Sehingga sedikit banyaknya saya sudah tahu apa yang harus saya lakukan agar lamaran saya direspon sama HR perusahaan.

Namun, sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan di Jobstreet anda harus melengkapi hal-hal berikut ini:
  1. Lengkapi profil Jobstreet anda
  2. Tuliskan pengalaman kerja untuk anda profesional / kerja magang jika anda freshgraduate
  3. Isikan pendidikan terakhir anda
  4. Tuliskan ketrampilan sesuai kemampuan anda
  5. Isikan bahasa yang anda kuasai, kalau perlu ikut test online yang disediakan Jobstreet
  6. Tuliskan informasi gaji yang anda harapkan.
  7. Kemudian upload resume anda, cara buat resume keren bisa ke canva. com
Jika poin diatas sudah anda lakukan, saatnya anda mencari pekerjaan sesuaikan dengan lokasi, pendidikan, ketrampilan dan pengalaman yang anda miliki.

Oh ya, ketika anda mengisi kolom pengalaman kerja, pastikan anda mendiskripsikan apa saja yang anda kerjakan pada posisi kerja saat ini.

Untuk mempermudah mendiskripsikan pekerjaan anda, ada baiknya anda menuliskan aktivitas pekerjaan anda dari pagi sampai output nya. Jika anda rajin menuliskan aktivitas pekerjaan regukar anda setiap hari, pasti lebih mudah.

Contoh daily activities list saya seperti ini:

  1. Membalas email yang urgent
  2. Tarik report aging
  3. Cek mutasi pembayaran customer
  4. Jurnal uang masuk system
  5. Cek faktur overdue customer
  6. Mengirimkan list faktur yang akan jatuh tempo dan sudah overdue ke customer untuk dibayar
  7. Upload invoice ke system bank
  8. Provide report to Supervisor
  9. Evaluasi
Lis diatas adalah salah satu contoh aktivitas saya setiap hari, dan akan sedikit berbeda pada hari berikutnya. Karena pasti ada case tertentu yang harus dijadikan aktivitas untuk diselesaikan.


Jika anda sering menulis aktivitas setiap hari, maka akan lebih mudah mendiskripsikan pekerjaan anda.

Tips untuk anda lulusan baru, mendingan cari pekerjaan yang ada keterangan non pengalaman atau lulusan baru dipersilahkan. Tapi, jika anda pernah magang, punya portofolio, punya sertifikat kursus dan ketrampilan khusus, anda bisa juga bisa cari pekerjaan yang bersaing sama yang profesional.

Setelah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan profil anda, anda klik melamar / apply kemudian melihat kotak dialog untuk mempromosikan diri seperti gambar dibawah ini, kira-kira kalimat apa yang akan anda tuliskan?
Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet
Dulu, saya juga bingung ketika harus menuliskan kalimat mempromosikan diri di Jobstreet. Karena memilih kalimat yang kurang tepat, semua status lamaran saya menggantung. Bahkan status dibaca pun tidak, apalagi di review.

Saya juga sudah ratusan kali apply jobs dan sering memperbaharui profil juga resume. Dari ratusan kali apply job tersebut, saya juga menggunakan kalimat promosi yang berbeda beda sampai pada suatu saat ada status lamaran saya di baca dan direview oleh perusahaan yang saya lamar.

Kalimat promosi itu akhirnya saya sesuaikan lagi dengan job yang akan saya lamar, hasilnya banyak sekali lamaran saya statusnya di review dan 3 x saya mendapatkan undangan interview, 1 kali datang, 2 kali gak saya respon karena saya tidak melihat notifikasi di aplikasi jobstreet dan email.

Nah, untuk anda yang ingin melamar pekerjaan di Jobstreet. Anda bisa menggunakan contoh kalimat promosi yang saya pakai seperti gambar dibawah ini. Sesuaikan dengan pengalaman dan keahlian khusus anda.
Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet
Nama saya Aam, saat ini masih aktif bekerja di sebuah perusahaan distributor sebagai staf finance spesialis AR (4tahun). 
Familiar SAP, Ms Excel, terbiasa menggunakan rumus vlookup, Pivote, SUMIF, SUM untuk olah ribuan data kebutuhan report harian, mingguan dan bulanan.
Saat membuat kalimat promosi yang perlu di perhatikan adalah ada batas jumlah karakter. Maka pilih kata dan kalimat yang tepat padat yang dapat merepresentikan diri anda, bahwa anda tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Kalau anda berpengalaman, sebaiknya kalimat promosi tidak menyebutkan pendidikan terakhir, domisili. Tapi tekankan pada nama, pengalaman bekerja dengan posisi yang sama dan keahlian anda. Itu berpotensi agar profil anda dapat dilihat oleh recruiter. Sehingga anda dapat dipertimbangkan atau direview untuk diberikan kesempatan interview. Atau bahkan lamaran anda langsung direspon tidak sesuai.

Jika anda ingin melamar untuk posisi berbeda contoh Content Writer, anda bisa menambahkan kalimat seperti ini, contoh:
Nama saya Aam, saat ini masih aktif bekerja di sebuah perusahaan distributor sebagai staf finance spesialis AR (4tahun). 
Saya juga seorang Freelance content writer, menulis di beberapa media online. Memiliki pemahan tentang SEO.
Untuk anda yang lulusan baru, anda bisa menggunakan kalimat seperti dibawah ini, sesuaikan saja dengan pengalaman, pendidikan dan domisili anda.
Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet
Nama saya Wahab, lulusan SMK ...... jurusan multimedia. pernah magang di perusahaan startup dan di percaya untuk handle project event dengan nilai hasil akhir sangat baik. 
Familiar dengan software editing photoshop, coreldraw, adobe premier, after effect. Saya juga menguasai bahasa inggris.
Sebagai fresh  graduate, anda harus menekankan kalimat yang tepat untuk mempromosikan anda agar HR perusahaan yang anda lamar mau baca dan mereview lamaran anda.
  1. Perkenalkan diri anda singkat
  2. Pengalaman anda singkat
  3. Ketrampilan khusus
Sekian dulu tips dari saya, jika ada update terbaru nanti akan saya buatkan artikel baru atau saya tambahakn di postingan.

Semoga bermanfaat, selamat berjuang!

Baca Juga

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon