Pengalaman Diminta Interview Lewat Skype Perusahaan Asing

Pastinya recruiters/HR sebuah perusahaan mematok standar khusus untuk perekrutan seorang karyawan.

Tapi kalo pengalaman, skill dan portofolio bisa sudah mewakili pribadi jobseeker. Ijazah Pendidikan terakhir pun jadi pertimbangan nomor sekian.

Seperti beberapa hari yang lalu, seorang CFO perusahaan startup dari singapura menghubungi saya melalui email. Beliau meminta saya skype untuk interview pada jam yang sudah ditentukan. 


Karena sebelumnya saya sudah mengirimkan resume dan pre - interview melalui email yang sudah diisi sesuai tata cara mengirimkan lamaran yang diminta beliau di iklan lowongan pekerjaannya.


Dengan tanpa ragu, saya membalas email beliau, kalau saya memiliki keterbatasan bahasa inggris secara lisan, kalo dijinkan saya mau interview bersama teman sebagai penerjemah. 


OK Sir.  I available for Skype interview at 7.30. But, maybe I need assistance by my colleague, sir.  Due to limitation on verbal English.

Dalam hati. Duh, bodoh kali..! Malunya minta ampun setelah membaca balasan email saya itu.

Tapi dengan bijak beliau membalas email saya, 


We need someone who could conversate in English. If you don't have good English, we will give your application a pass. Wish you all the best in your job search. Best regards,

Berselang satu hari, HR perusahaan tersebut yang berkantor di Jakarta menghubungi saya melalui sambungan telpon. Menginterview saya sekitar 10 menit. Padahal posisi masih di jalan menuju rumah pada saat itu. 

Dan diakhir penghujung telepon beliau mengucapkan terimakasih dan meminta saya menunggu kabar selanjutnya. 

Dari pengalaman diatas membuat saya menjadi percaya diri, karena aplikasi saya tidak di lihat dari pendidikan terakhir. For your information, syarat melamar pekerjaan diatas ada lulusan universitas dan fullin English. Padahal kedua syarat tersebut saya tidak memenuhi syarat.

Tapi dari interview singkat, saya diberitahu bahwa perusahaan tersebut tidak melihat pendidikan dan berapa lama seorang karyawan bekerja. Tapi kualitas karyawan bisa membantu karirnya.

Sebagai orang yang selalu berikhtiar dan berdoa. Hanya bisa berharap apa yang sudah saya lakukan akan memberikan dampak yang baik dalam kehidupan dan rejeki saya. Amin.. 
Baca Juga

Related Posts

1 komentar


EmoticonEmoticon