2 Jurusan Kuliah yang Mempunyai Prospek Bagus di Bidangnya

Sering mendengar istilah agrisbisnis. Namun tidak tahu apa yang di maksud dengan agribisnis. Setelah melakukan pencarian di search engine google dengan mengetik jurusan agribisnis di bandung. Ternyata banyak sekali artikel yang menerangkan tentang agribisnis sebagai jurusan kuliah yang mempunyai prospek kerja bagus setelah lulus.

Kuliah jurusa Agribisnis tak hanya mempelajari tentang pertananian dan perkebunan saja, termasuk didalamnya ada perikanan, peternakan dan kehutanan. Karena pada dasarnya agribisnis berasal dari gabungan kata  dalam Bahasa Inggris Agriculture (Agri) dan business (bisnis), yang artinya mempelajari manajemen atau bisnis dari aspek budaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan dan pemasaran produk beserta pendukung lainnya.

Itu alasan kenapa saat kuliah agribisnis menjadi  jurusan yang mempunyai prospek yang cerah kedepannya. Di jaman persaingan pencari kerja seperti saat ini. Ilmu bisnis pengolahan, menajemen usaha, kewirausahaan dan pemasaran sangat dibutuhkan. Siapa tahu setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang bagus atau bisa membangun usaha sendiri dari ilmu yang di dapat dari kuliah agribisnis.

Adapun prospek kerja kualitas lulusan jurusan Agribisnis:

1. Manajer Agribisnis yang siap mengelola usaha agribisnis inovatif secara profesioanla dan mandiri.

2. Pengusaha atau pelaku agribisnis yang handal, inovatif, kompetitif, dan berkelanjutan

3. Pelaku pendidikan dan konsultan pertanian/agribisnis yang mampu menganalisis secara komprehensif multi-aspek social, ekonomi, teknologi, dan ekologi pertanian/agribisnis

4. Birokrat dan perencana pembangunan yang mampu mendesain pengembangan usaha dan pembangunan pertanian/agribisnis yang holistic

5. Pemberdaya masyarakat yang manguasai metode, tools dan teknik pengembangan masyarakat

6. Pemimpin lembaga pertanian/agribisnis dan pedesaan yang kreatif, inovatif, memiliki jiwa kewirausahaan dan kempemimpinan yang transformative

Dalam mata kuliah Agribisnis juga tidak jauh dari mata kuliah Teknologi Pangan. Selain masih dalam fakultas, yaitu pertanian, juga ada keterikatan ilmu yang di pelajari. Jika Agribisnis membangun, mengelola, memanajemen dan memproduksi, Teknologi Pangan menjadi bagian dari pengendali mutu proses pengolahan produksi, bahkan bisa mengembangkan kualitas produk.


Adapun prospek kerja kualitas lulusan jurusan Teknologi Pangan:

1. Di industri pangan sebagai Quality Control, Quality Assurance, Food Safety Manager, Flavorist, Production, Warehouse, Purchasing, Marketing, Research & Development, Project Manager dan Analis di Lab.

2. Di bidang lain sebagai Pengawas makanan di lembaga pengawas makanan, Analis di lembaga konsultan/sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Calon pendidik di instansi pendidikan, Peneliti muda di lembaga penelitian; atau Pengusaha/wirausahawan di bidang pangan.

Di Provinsi Jawa Barat banyak Universitas yang mempunyai Fakultas Pertanian. Salah satu universitas yang memiliki fakultas pertanian jurusan teknologi pangan di bandung adalah Masoem University. 

Universitas Al Masoem atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan "Masoem University" atau biasa disingkat M.U. merupakan universitas yang didirikan oleh Yayasan AL Masoem Bandung. Kampus ini pada mulanya didirikan dengan nama AMIK Al Masoem dimana alumninya disalurkan untuk mengembangkan beberapa perusahaan milik Masoem Group.

Namun seiring berjalannya waktu, kampus ini semakin diminati masyarakat sehingga para lulusannya tidak hanya ditempatkan di perusahaan Masoem Group, tetapi juga di perusahaan lain baik regional, maupun nasional.

University membuka beberapa Prodi, yaitu: 

1. Sistem Informasi (S1)
2. Perbankan Syariah (S1)
3. Agribisnis (S1)
4. Teknologi Pangan (S1)
5. Bimbingan Konseling (S1)
6. Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
7. Manajemen Informatika (D3)
8. Komputerisasi Akuntansi (D3)

Masoem University menjadi salah satu kampus swasta favorit bagi calon mahasiswa baik di Jawa Barat. Kampus Masoem University juga memiliki Asrama khusus untuk mahasiswa yang berdomisili cukup jauh dari lokasi kuliah dengan biaya sangat terjangkau namun disertai fasilitas yang memadai. Dengan konsep "Pesantren Mahasiswa", pengelola asrama akan membuat sebuah kebijakan yang "Bebas Bertanggung Jawab Sesuai Norma Islami".

Masoem University

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022


Baca Juga

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon