Kini Tagihan Listrik Bukan Masalah Lagi!

Listrik merupakan salah satu penemuan yang paling bermanfaat yang pernah ada, tanpa listrik barang elektronik yang saat ini sudah sangat canggih tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Energi listrik membuat hidup jadi lebih mudah, jika dulu menanak nasi membutuhkan dua rangkaian panjang, dari mulai membuat nasi aron hingga menanak aron menjadi nasi siap konsumsi. Kini dengan adanya listrik kegiatan menanak nasi dapat dipersingkat hanya dengan satu kali tahapan. Cukup bersihkan beras dan memasaknya dalam rice cooker nasi putih hangat pun siap disajikan untuk keluarga.


Sayangnya hingga saat ini pemerataan energi listrik belum tersebar secara adil di seluruh nusantara. Ada beberapa pelosok desa yang hingga saat kini masih berada dalam era kegelapan dimana listrik tidak dapat dinikmati sama sekali ataupun jika ada maka alirannya tidak selancar di kota-kota besar. Pasokan sumber energi menjadi faktor utama kendala pemerataan energi listrik untuk menyentuh pelosok nusantara.

Pemerataan energi listrik kerap menjadi janji manis para calon pemimpin negeri. Begitu pentingnya kebutuhan listrik sehingga industri ini menjadi isu hangat yang selalu diangkat untuk menarik perhatian. Beda kasus dengan wilayah terpencil, jika pelosok negeri masih belum terjamah maka di perkotaan yang terang benderang masalah utama yang dihadapi adalah mahalnya Tarif Dasar Listrik (TDL) yang konon katanya saat ini tidak disubsidi lagi seperti dahulu. Naiknya tarif listrik tentunya membuat ibu rumah tangga hingga pelaku industri berteriak. Karena memang pada dasarnya jantungnya kehidupan, utamanya masyarakat perkotaan ada di kelistrikan. Tanpa listrik tidak dapat memasak, kebutuhan air tidak terpenuhi dan banyak kepentingan krusial lainnya dapat terganggu jika pasokan listrik mengalami masalah. Namun, kenaikan listrik pun sudah menjadi keputusan absolut yang tidak dapat diganggu gugat.

Salah satu jalan terbaik untuk mengatasi masalah kenaikan listrik adalah dengan mengatur penggunaannya seoptimal mungkin. Jangan pernah meninggalkan barang elektronik dalam kondisi stand by ketika memang alat tersebut sedang tidak digunakan. Melakukan kegiatan menyetrika dengan jadwal tertentu (seminggu satu kali atau dua kali) dapat mengurangi beban listrik, karena daya untuk meningkatkan suhu pada setrikaan sangatlah besar. Selain mengatur penggunaan, daya listrik pun dapat ditekan dengan menggunakan alat penghemat listrik. Alat penghemat listrik terbaik mampu meredam tingginya daya listrik dari berbagai alat-alat rumah tangga. Jika suplay energi terganggu, pasokan listrik dapat diperoleh dari generator kelistrikan yang bisa didapatkan dengan membeli generator ataupun menyewanya sehingga aktivitas harian tetap berjalan dengan lancar.
Baca Juga

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon