Cara Mendapatkan Modal Usaha Lewat Pinjaman

Modal Usaha

Bisnis usaha kecil memang tidak membutuhkan modal yang cukup besar sehingga sangat memungkinkan jika mendapatkan modal lewat pinjaman.

Perlu diketahui bahwa salah satu yang menopang ekonomi nasional adalah usaha kecil menengah yang tengah berkembang. Jika tidak didukung dengan pemberian utang produktif, tentu akan memengaruhi fondasi ekonomi bangsa.

Sebetulnya ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha lewat utang, di antaranya akan kita ulas sebagai berikut ini,

Meminjam di Bank

Bank menyediakan layanan peminjaman modal usaha, tetapi memang tidak mudah karena kamu harus menyiapkan beberapa syarat yang cukup rumit. Misalnya saja bukti usaha sudah berjalan selama minimal 1 tahun.

Kadang-kadang kamu sudah tidak ada waktu lagi untuk menyiapkan berbagai persyaratan tersebut, sehingga akhirnya justru disibukkan dengan berbagai macam administrasi tanpa adanya kejelasan apakah pengajuan kamu diterima atau tidak.

Namun, kelebihan meminjam di bank, bunga yang diberikan jauh lebih rendah dengan suku bunga rata-rata 1% sampai 3% saja perbulan. Malahan kini sudah ada beberapa bank semakin mempermudah proses peminjaman di tengah kemudahan mengajukan utang lewat fintech.

Menggunakan Kartu Kredit

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kartu kredit. Beberapa pengusaha kecil menengah sengaja menggunakan kartu kredit dengan alasan lebih praktis dibandingkan dengan meminjam di bank.

Penggunaan kartu kredit selain untuk modal usaha juga untuk membantu menambah biaya operasional harian bisnis kecil. Sehingga pada saat akhir bulan, semua pengeluaran yang menggunakan kartu kredit bisa terkontrol dan terdapat laporannya secara jelas.

Hanya saja untuk mengajukan kartu kredit saat ini tidak mudah, apalagi ada imbauan dari pemerintah yang membatasi kepemilikan kartu kredit maksimal dua saja. Inilah yang membatasi para pelaku usaha kecil agak kesulitan untuk memiliki kartu kredit dengan syarat mudah.

Donasi dari masyarakat

Cara seperti ini memang masih cukup langka di Indonesia. Dengan adanya keterbukaan informasi, semua orang bisa mengetahui proyek apa yang sedang kamu rencanakan.

Jika ternyata masyarakat tertarik dengan produknya, mereka sudah bisa memesannya dengan kompensasi memberikan tambahan dana untuk donasi pengembangan produk. Dengan begitu kamu tetap bisa menjual produk kamu sembari mendapatkan bantuan untuk pengembangannya.

Cara seperti ini biasanya digunakan oleh para pebisnis pemula terutama anak muda yang masih mencoba-coba untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan kekuatan sosial media.

Melalui aplikasi Kredivo

Di antara ketiga cara yang sudah disebutkan, rasanya ada salah satu alternatif lain yang lebih mudah dan praktis, yaitu mengajukan pinjaman lewat aplikasi Kredivo.

Kredivo adalah salah satu lembaga keuangan online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, sehingga apapun produk dan layanannya bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk mendaftar menjadi member Kredivo, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan


Setelah itu tinggal mengunduh aplikasi resmi nya di Google Play Store bagi pengguna ponsel Android atau di App Store bagi pengguna iPhone. Lalu daftar dengan mengikuti langkah-langkah dalam aplikasi secara mudah.

Proses persetujuannya pun tidak memakan waktu terlalu lama. Paling cepat notifikasi persetujuan akan diinformasikan dalam waktu kurang dari 24 jam. Setelah itu kamu bisa mengetahui status akun kamu lewat dashboard aplikasi Kredivo. Di situlah tertera kredit limit yang kamu dapatkan.

Meskipun Kredivo memberikan plafon hingga Rp 30 juta bukan berarti bisa digunakan sembarangan. Selama sudah terdaftar dalam akun cicilan maupun akun cicilan premium express, kamu sudah bisa mengajukan pencairan dana lewat Kredivo.

Dana yang diajukan akan langsung ditransfer melalui rekening yang didaftarkan.

Kredivo memiliki dua fitur layanan pinjaman online yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo.  Untuk yang mini, nominal yang diizinkan tidak lebih dari Rp 1 juta. Sedangkan untuk yang jumbo memungkinkan untuk mengajukan dana tunai lebih dari Rp 1 juta sesuai dengan jumlah limit yang tersisa pada tenor 6 bulan di akun Kredivo-mu.

Keduanya sama-sama dikenakan bunga 2,95% perbulan. Inilah salah satu perbedaan mencolok antara Kredivo dengan perusahaan multi finansial online lainnya yang menerapkan bunga sangat tinggi hingga 1% per hari.

Sehingga jika terjadi keluhan utang untuk modal usaha makin membengkak, tak lain karena debitur kurang selektif memilih perusahaan yang tepat. Paling minimal ajukan modal usaha kepada lembaga keuangan yang sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan.

Baca Juga

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon