Rabu, 27 Februari 2019

Mengetahui Jenis Luka Dalam

Luka tak hanya terjadi di bagian permukaan kulit luar saja, luka bisa saja terjadi di bagian dalam kulit, hal ini dapat menimbulkan kehilangan fungsi otot, tendon, arteri, saraf, hingga tulang. Perawatan medis yang dilakukan bagi orang yang mengalami luka dalam adalah dengan mencegahnya agar tidak komplikasi dan mempertahankan fungsi dari organ tersebut. Luka dalam bisa disebabkan berbagai hal, namun pada umumnya yang terjadi adalah akibat trauma mekanis yaitu disebabkan oleh benda tajam atau benda tumpul. Merawat Luka Dalam memang harus ditangani oleh dokter ahli, sehingga tidak sembarangan dalam mengobatinya. Berbeda dengan luka ringan atau luka luar bisa ditangani atau diobati sendiri di rumah dengan perlengkapan seadanya.

Luka dibagi menjadi 2 bagian, yaitu luka tertutup dan luka terbuka berdasarkan keutuhan jaringannya. Jika luka sendiri bisa muncul dengan atau tanpa adanya suatu infeksi, kulit bisa rusak tergantung pada mekanisme dari cedera tersebut. Lapisan kulit yang terkena luka dalam akan menyebabkan rasa sakit, lebam, bahkan bagian permukaan kulit luar tidak terlihat seperti adanya luka, namun di bagian dalam ternyata ada luka yang mesti dilakukan perawatan dan penyembuhan. Tujuan dari perawatan luka dalam ini adalah agar tidak terjadinya komplikasi serta mempertahankan fungsi dari organ yang terluka di dalam.

Untuk lebih lanjutnya lagi harus dilakukan pemeriksaan kepada dokter agar mengetahui seberapa parahkah luka yang Anda alami tersebut, apalagi luka dalam yang membutuhkan perawatan medis tertentu. Untuk penanganan pertama yang dilakukan bagi orang yang mengalami luka dalam adalah segera menenangkannya agar tidak panik dan tetap tenang, segera periksakan ke dokter untuk memastikan bahwa luka tersebut dalam keadaan aman dan tidak terjadi hal-hal yang merusak organ dalam tubuh manusia, seperti tulang, jantung, bahkan organ vital lainnya.

Kalau sudah mengetahui tingkatan luka dalam tersebut, lakukan perawatan sesuai petunjuk dokter, ikuti sarannya untuk proses penyembuhan lebih cepat dan tidak berkepanjangan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui Pengetahuan Pertolongan Pada Luka saat terjadi pada diri sendiri maupun orang lain agar tepat menanganinya dengan baik.
Mengetahui Jenis Luka Dalam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email