Sabtu, 24 November 2018

Cara Merubah Pengiriman JNE Menjadi J&T di Shopee

cara ganti resi j&t

Menyelesaikan Permasalahan Nomor Resi Karena Beda Jasa Kirim

Kembali saya mengalami problem menjadi seorang dropshiper. Kemarin tidak bisa dropship di Tokopedia sehingga tidak bisa memasukan nomor resi dari supplier ke toko saya yang ada di Tokopedia.

Kali ini saya mengalami kasus di Tokopedia yang berimbas ke Shopee. Ceritanya saya punya toko di Shopee. Ada buyer membeli produk di toko saya, kemudian saya forward orderan tersebut ke supplier saya yang ada di Tokopedia.

Dua hari kemudian muncul resi dari supplier yang saya terima melalui email. Ketika saya buka dan akan memasukan ke toko saya yang ada di Shopee, ternyata yang muncul bukan resi JNE melainkan JNT. Karena toko saya yang di Shopee hanya mengaktifkan JNE saja.

Berhubung saya sudah lama menggeluti bisnis dropship ini, jadi saya tahu betul karakter masing-masing marketplace, walaupun gak semuanya.

Seperti di Tokopedia, kita sebagai seller bisa mengganti kurir sebelum memasukan resi tanpa harus konfirmasi ke pembeli. Seumpama pembeli belanja barang di toko kita dengan memilih JNE sebagai kurir pengiriman. Karena kebetulan orderan yang masuk banyak menggunakan J&T, daripada repot kirim saja menggunakan J&T.

Mungkin saja kasus yang saya alami ini seller sedang banyak order, atau bisa juga kurir terdekat adalah J&T dan bisa juga J&T sedang ada promosi buat customernya sehingga supplier lebih memilih menggunaka layanan J&T.

Selanjutnya, bagaimana cara memasukan resi J&T ke Shopee padahal toko kita yang di Shopee menggunakan JNE.


Yang perlu di persiapkan adalah 


1. Mengumpulkan detail pesanan

Untuk bisa mengganti resi di Shopee adalah merekap detail orderan, dan jangan lupa mencatat nomor resi dari supplier Tokopedia.


2. Menghubungi CS Shopee melalui email support dan call center

Setelah detail pesanan dan resi direkap, langkah selanjutnya mengirimkan email rekap pesanan ke support@shopee.co.id dengan format bisa nyontek punya saya seperti gambar di bawah ini 

"Dear cs Shopee

Saya mau melakukan perubahan kurir dari jne ke jnt..
Dengan nomor resi jnt tercantum dibawah, untuk pesanan sesuai perincian dibawah. Mohon bantuannya

Regards,"



Setelah mengirimkan email tersebut, saya mendapatkan balasan yang mungkin untuk pemula atau orang yang gak sabaran pasti sudah meledak-ledak. Karena hanya dijawab secara formal dan pertanyaan akan ditanggapi dalam 3 hari kerja.

Setelah mendapatkan balasan itu, langsung saya dorong dengan menelepon call center shopee di 1500702. Pokoknya nanti pilih nomor 2, 2 lagi dan 0 selanjutnya akan disambungkan dengan customer service.

"Langsung saja utarakan, saya seorang dropshiper, saya ada pesanan di shopee dengan menyebutkan perincian pesanan, nomor resi jnt, setelah itu dilanjutkan dengan menyebutkan username sama email yang terdaftar."

Telpon saya gak berlangsung lama karena terputus oleh pulsa yang habis. Saya biarin saja habis itu gak saya telpon lagi atau beli pulsa buat nelpon cs shopee, yang sudah-sudah mereka akan menghubungi kembali melalui email

Dan benar saja, saya dapat email dari cs shopee yang memberitahukan bahwa permasalahan saya sedang diteruskan ke bagian terkait.


Email tersebut langsung saya balas dengan tidak basa-basi bahwa saya seorang dropshiper, jika di minta bukti resi asli untuk dilampirkan, saya tidak dapat memenuhi dan meminta kebijaksanaannya.


Tidak menunggu lama saya dapat email dari cs shopee bagian yang menangani permasalahan perbedaan jasa kirim. Dia memberitahukan bahwa status pesanan saya "sedang dikirim". 


Setalah saya cek beneran, statatus di seller centre saya sudah berubah. Gak sampai sehari masalah perbedaan jasa kirim ini terselesaikan dengan mudah dan cepat.

Nah buat anda teman-teman dropshiper yang mempunyai masalah yang sama, mungkin bisa menggunakan cara saya ini. Gak perlu sama tapi kurang lebih seperti itu.

Semoga artikel kali ini tentang Cara Merubah Nomor Resi JNE Menjadi J&T di Shopee bermanfaat.



Loading...

Artikel Terkait

Cara Merubah Pengiriman JNE Menjadi J&T di Shopee
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Promo Hotel

Booking.com