Thursday, October 11, 2018

Cara Memulai Dropship dari Tokopedia ke Shopee Melalui Hp

Bagaimana  dapat berjualan online atau menjadi dropshiper di Shopee dengan mencari toko di Tokopedia sebagai suplier. Untuk dapat memulai yang perlu anda siapkan adalah:

  1. Akun beli Tokopedia, jangan campur akun beli dengan akun jualan di Tokopedia. Jika sebelumnya sudah punya akun jualan, lebih baik buat akun satu lagi sebagi akun beli dan tidak perlu buka toko.
  2. Bikin akun shopee, usahakan dalam membuat akun Shopee menggunakan username yang menarik dan mudah di hafalkan jika pengguna ingin mencari produk di toko anda.

Untuk yang sudah mempunyai 2 akun diatas pasti sudah berjalan bisnis dropship nya, bisa juga hanya digunakan untuk belanja saja. Tapi untuk yang pemula biasanya akan menemukan kendala di pembuatan akun Shopee. Oleh karena itu, saya akan coba memulai dengan panduan bagaimana cara membuat akun jualan shopee hingga siap untuk jualan bisnis dropship.

Yang Perlu di Siapkan Sebelum Membuat Akun Shopee untuk Jualan

Untuk membuka akun baru di Shopee, yang perlu disiapkan adalah:
  1. Alamat email, saran menggunakan gmail.
  2. Siapkan nomor baru, cari yang murah saja seperti axis atau kartu tri
  3. Siapkan username dan nama toko yang unik dan mudah diingat
Saya anggap membuat email sudah bisa dan sudah memiliki akun gmail untuk membuat akun shopee untuk jualan. Selanjutnya adalah mempersiapkan nomor ponsel yang masih baru, beli yang murah saja seperti perdana axis dan perdana tri. Tapi, jika hanya ingin memiliki satu akun shopee untuk jualan bisa menggunakan nomor pribadi yang biasa digunakan untuk komunikasi setiap hari.

Untuk mendaftar akun Shopee ikuti langkah berikut ini : 

  1. Masuk Shopee melalui aplikasi hp
  2. Klik icon saya di sebelah kanan bawah
  3. Pilih Register, masukan nomor hp yang akan didaftarkan, klik lanjut
  4. Masukan kode verifikasi yang dikrim melalui sms ke nomor hp yang tadi didaftarkan
  5. Masukan username yang sudah disiapkan
  6. Masukan password akun shopee
  7. Klik Oke dan akun Shopee anda sudah jadi
Akun yang baru saja dibuat belum siap untuk dijadikan sebagai lapak jualan hanya sebatas didaftarkan saja, karena masih ada beberapa langkah lagi untuk menjadikan akun siap digunakan untuk transaksi jual beli. Yaitu :

Pengaturan akun pada akun beli, meliputi :

    • Profilku, hanya untuk mengatur gambar profil dan sampul untuk mempercantik tampilan toko.
    • Alamat Saya, tambahkan alamat akun Shopee isi dengan alamat sesuai supplier anda, jika di Jakarta, cari alamat Jakarta, tapi harus lengkap. Kemudian jadikan sebagai  alamat toko. 
    • Rekening bank, klik tambahkan rekening baru, pada tampilan berikutnya akan diminta kode verifikasi yang di kirim melalui sms sesuai nomor hp yang didaftarkan. Masukan nomor rekening sesuai dengan yang anda miliki. Pastikan nomor yang anda masukan benar agar rekening cepat di verifikasi.

Pengaturan akun pada akun jual, meliputi :

    • ShopeePay, pertama kali masuk akan di minta untuk membuat PIN sebagai langkah keamanan untuk setiap transaksi di Shopee. Masukan kode verifikasi yang di kirim melalui sms, masukan 6 angka untuk membuat PIN baru dan akan diminta konfimasi dengan memasukan 6 angka yang sama.
    • Jasa Kirim Saya, centang salah satu kurir yang mendukung pengiriman dari supplier anda. Tapi kalau saya tetap memilih JNE ketimbang J&T supaya tidak ribet.
Mendaftarkan Program dukungan Gratis Ongkir dari Shopee, cara untuk mendaftarkan akun shopee ke program gratis ongkir yang di dukung Shopee adalah dengan mengupload produk. Kemudian cek notifikasi pada aplikasi dan ikutin petunjuk selanjutnya.

Upload Produk ke Shopee, jika anda tidak punya computer atau laptop untuk upload produk di Shopee, anda bisa melakukan upload melalui aplikasi di handphone. 

Silahkan lihat cara upload produk dari Tokopedia ke Shopee.

Artikel Terkait

Cara Memulai Dropship dari Tokopedia ke Shopee Melalui Hp
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Promo Hotel

Booking.com