Minggu, 19 Agustus 2018

Upload Massal Produk di Shopee

Cara upload produk di shopee sebenarnya sangatlah mudah, asal sudah punya akun shopee hanya masuk ke akun seller center shopee dan melakukan beberapa langkah untuk upload produk pertama kali, maka dalam detik itu juga sudah bisa langsung jualan di shopee.
Upload Massal Produk di Shopee
Tapi kalau upload produk secara manual satu per satu maka akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Itu hanya untuk satu produk, bagaimana jika punya banyak produk? Bisakah upload langsung banyak ke shopee tanpa perlu manual satu per satu? Jawabannya sangat bisa.

Ini adalah tahap yang dilakukan jika upload manual satu per satu!

Upload Gambar Produk

Pertama adalah melakukan upload gambar yang sudah tersimpan di komputer PC / Laptop. Tersedia slot 9 gambar untuk dapat diupload di Shopee.

Informasi Produk

Informasi produk ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
  1. Nama Produk, Isi nama produk sesuai dengan barang akan dijual, sisipkan keyword atau kata kunci agar ketika orang mencari barang yang akan di beli, maka yang muncul salah satunya produk kita.
  2. Deskripsi Produk, Deskripsi produk ini harus diisi sejelas-jelasnya yang mendeskripsikan produk yang dijual, karena peran deskripsi juga menentukan barang cepat terjual.
  3. Kategori, Memasukan kategori sesuai produk yang dijual, jangan sampai jualan tas, tapi memasukan kategori jam tangan. Efeknya calon buyer tidak akan menemukan produk yang kita jual, bahkan akan diblokir oleh shopee karena kategori tidak sesuai.
  4. Merk, ini sangat penting karena jika tidak memasukan merk, produk yang akan kita jual tidak bisa diupload. Tapi jika tidak tau merknya atau bahkan hanya jualan produk lokal yang tidak bermerk, shopee memberikan opsi "Tidak Ada Merk" agar bisa terupload.
  5. Warna, warna ini biasanya optional, bisa diisi juga bisa tidak perlu diisi karena hanya sebagai atribut tambahan untuk menjelaskan produk yang kita jual.
  6. Bahan, bahan meskipun masuk ke atribut tambahan, kita harus mengisi jenis bahan produk yang kita jual.
  7. Panduan ukuran, kita juga bisa memberikan panduan ukuran, tapi jika sudah dijelaskan di deskripsi, atibut ini bisa untuk tidak diisi.

Stok dan Harga

Stok dan harga terdiri dari beberapa bagian yaitu :

  1. Harga, sesuai dengan rekomendasi shopee, seller untuk memasukan harga sesuai dengan yang diinginkan, namun jika seller menetapkan harga yang tidak sesuai dengan produk yang dijual, maka sistem shopee akan mendeteksi dan memblokirnya.
  2. Stok, pastikan stok yang akan dijual sesuai dengan real stok dan tercukupi. Siapa tahu produk yang kita jual laris manis.
  3. Grosir, kita juga bisa memasukan harga grosir jika memang diperlukan untuk memikat konsumen. Tapi jika tidak perlu, bisa juga tidak perlu diisi.

Pengiriman

Pengiriman terdiri dari :
  1. Berat, pastikan isikan berat kotor, berat produk setelah dibungkus, karena jika salah memasukan berat maka lebih ongkir ditanggung seller.
  2. Ongkos kirim, ongkos kirim ini harus diaktifkan, agar pembeli bisa mengetahui berapa ongkir yang akan ditanggung jika membeli produk ini dan dikirim ke kota tujuan.

Lainnya

  1. Pre-order, bisa pilih ya jika memerlukan waktu lebih untuk melakukan pengiriman.
  2. Kondisi, berikan informasi yang jelas tentang produk yang akan dijual, jika kondisi bekas, pilih bekas, jika kondisi baru, pilih baru. Jangan sampai konsumen dirugikan setelah membeli karena kondisi barang tidak sesuai dengan informasi yang dicantumkan
  3. SKU Induk, SKU ini bisa diisi, biasanya penjual besar yang mengisi SKU agar mengatur stok di Toko mereka. Tapi dikosongkan, jika memang bingung tentang SKU ini.
Jika melakukan upload satu persatu kurang lebih akan melewati langkah-langkah seperti diatas. Namun, tidak peru khawatir jika gak mau upload manual satu per satu, karena shopee menyediakan fitur "Mass Update / mass upload shopee", kemudian "tambahkan produk baru" yang nantinya mempermudah kita untuk melakukan mass upload produk di shopee.

Bagaimana kalau saya seorang dropshiper, bisa kah saya melakukan upload secara massal di shopee? Jawabannya sangat bisa sekali.

Bagaimana caranya? Caranya anda download gambar di supplier simpan di folder yang sudah anda tentukan, kemudian gambar, deskripsi dan lainnya anda masukan ke template yang sudah disediakan shopee. Tapi sebelumnya harus download templatenya terlebih dahulu di seller center, kemudian baca panduannya.
Jadi makin lama dong kalau gitu? Tentunya, jika anda melakukannya secara manual pasti membutuhkan waktu yang lama bahkan bisa sangat lama.

Oleh karena itu saya menawarkan jasa upload produk secara massal ke Shopee, jika anda berminat bisa kunjungi halaman jasa upload shopee. Jadi waktu anda untuk mengupload, bisa anda gunakan untuk melayani customer. Jangan habiskan waktu anda untuk hal-hal yang teknis.

Artikel Terkait

Upload Massal Produk di Shopee
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Loading...
Loading...

Promo Hotel

Booking.com