Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Yang Lezat

Ketan hitam di beberapa negara mungkin tidak begitu banyak. Namun di Indonesia sendiri ketan hitam menjadi bahan yang bisa dibuat apa saja. Ketan hitam bisa dibuat menjadi kue, tape dan juga bubur. Bubur ketan hitam memiliki rasa yang berbeda dari bubur kacang hijau. Maka tidak heran jika ketan hitam banyak sekali dicampur dengan bubur kacang hijau. Namun kebanyakan orang ada yang minyak bubur ketan hitamnya saja, membuat bubur ketan hitam memang tidak mudah untuk mendapatkan tekstur ketan hitam yang pulen dan lumer di mulut. Ada beberapa cara yang harus anda perhatikan dalam membuat bubur ketan. Berikut cara membuat bubur katan hitam yang tepat dan lezat.

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Yang Lezat

1. Ketan Hitam Harus Dicuci Hingga Bersih

Ketan hitam berbeda dengan kacang hijau. Ketan hitam harus dicuci hingga bersih dan bahkan harus berulang kali. Hal in karena di dalam ketan hitam banyak sekali gabahnya. Sama dengan beras memang yang banyak gabahnya. Namun biasanya ketan hitam terdapat lebih banyak. Jadi anda harus mencuci bersih ketan hitamnya sampai ditekan-tekan.

2. Ketan Hitam Harus Direndam Semalaman

Setelah anda mencuci ketan hitam hingga bersih. Anda wajib sekali merendam ketan hitam ini hingga semalaman. Hal ini karena tekstur ketan hitam lebih keras dari kacnag hijau atau beras. Jadi kalau anda mau ketan hitamnya pulen dan lembut. Rendam selaman dan tunggu besoknya untuk memasaknya.

3. Rebus Ketan Hitam Dengan Api Yang Kecil

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan dalam memasak ketan hitam hingga pulen dan enak adalah memasaknya dengan api yang kecil saja. Jadi tambahkan air sekitar lebih banyak dari ketan hitamnya. Kemudian anda tambahkan garam dan juga 2 lembar daun pandan. Setelah itu pastikan apinya kecil agar tidak gosok. 

4. Mengaduk Ketan Hitam Dengan Benar

Ketika anda merebua kacang hijau, anda bisa tinggal bukan? Namun berbeda dengan ketan hitam. Ketan hitam harus anda aduk terus supayan ketan hitam tidak gosong. Dengan ini juga ketan hitam anda tidak lengket pada panci. Jika dirasa ketan hitam kekurangan air. Anda bisa tambahkan air agar lebih pulen. 

5. Masukkan Tepung Maizena

Salah satu rahasia dalam membuat ketan hitam yang pulen adalah adanya tepung maizena. Jadi anda siapkan tepung maizena 2 sendok makan atau 3 sendok makan. Kemudian larutkan tepung maizena dengan air yang hangat. Aduk-aduk lalu masukkan pada rebusan ketan hitamnya. Dengan tepung maizena juga membuat tekstur ketan hitam lumer dengan kuah santanya.

6. Buat Kuah Santannya

Setelah ketan hitamnya jadi, kuah santannya paling penting juga. Siapkan 2 kemasan santan kara yang cair. Lalu panaskan api sedang, masukkan santan kelapanya dan berikan gula putih agar ada tektur manisnya. Masukkan juga air secukupnya dan juga kental manis. Kental manis dan gulanya perbandingannya sama. Anda juga bisa cicipi kira-kira kurang apa. Jadi kalau kurang manis anda bisa tambahkan kental manisnya saja agar terasa enak.

Langkah-langkah diatas sudah beres dalam membuat bubur ketan hitam. Tinggal anda taruh mangkuk ketan hitamnya dan kemudian tuangkan kuah santannya. Anda bisa makan dengan roti tawar yang dipotong-potong dan masukkan dalam buburnya. Selain roti tawar, anda bisa makan dengan buah pisang. Buah nangka yang dipotong-potong dan masukkan di atas bubur katan hitamnya juga enak. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Yang Lezat"