Monday, October 8, 2018

Tips Menjaga Keamanan Akun Tokopedia

Seperti yang pernah saya alami, akun Tokopedia saya pernah di bajak sama orang yang tak di kenal. Dan ketika dia masuk dan melakukan beberapa transaksi pembelian pulsa dengan nominal diatas 50 ribu. Pembelian pulsa yang dia lakukan dengan menggunakan pembayaran saldo Tokopedia saya dan Kartu Kredit.


Tapi kartu kredit yang di daftarkan adalah kartu kredit atas nama seorang wanita dan bukan atas nama saya. Padahal yang membajak akun saya seorang remaja berjenis kelamin pria. Ketika itu saya panik bagaimana cara mengembalikan akun saya yang sedang di obarak abrik sama orang yang tidak bertanggung jawab itu.

Langkah yang saya lakukan pertama adalah membagikan informasi yang sedang saya hadapi di grup dropshiper di whatsapp. Dari beberapa teman menyarankan agar segera mengganti nomor handphone dan password. Langsung saya melakukan penggantian nomor telepon dan password sehingga akun bisa diambil alih kembali.

Selain melakukan transaksi beli pulsa menggunakan saldo saya yang kebetulan waktu itu hanya 50 ribuan sekaian, dan pembelian paket data bolt juga pulsa telkomsel yang dibayar menggunakan kartu kredit. Si pembajak ini juga memposting gambar di lapak saya dengan gambar mengacungkan jari tengah. Karena saat itu panik, jadi semua yang berbau bukan perbuatan saya langsung saya delete.

Pembelian paket data bolt dan pulsa telkomsel yang menggunakan pembayaran kartu kredit ini yang bikin saya berfikir negatif. Karena saya takut nantinya saya akan di jadikan kambing hitam, seoalah olah saya yang melakukan transaksi tersebut dan menggunakan kredit orang lain. Pada saat itu saya gemeteran, panik meskipun akun sudah diambil alih.

Akhirnya saya membaca lagi bagaimana cara mengankan akun tokopedia di bantuan tokopedia agar tidak dibajak dan tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tips Menjaga Keamanan Akun Tokopedia

  1. Jangan mudah percaya kepada oknum yang mengaku sebagai perwakilan Tokopedia atau pihak berwajib (polisi, bea cukai, kementrian dsb). Jangan pernah memberitahukan info/data pribadi atau mentransfer dana ke pihak tersebut.
  2. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak mana pun.
  3. Jika Anda dihubungi oleh pihak-pihak yang mengaku sebagai Tokopedia, harap pastikan dulu ke Tokopedia melalui hubungi kami atau akun resmi twitter customer service @Tokopedia.
  4. Waspadai terhadap link yang di kirim oleh pengguna lain, baik melalui aplikasi chat di Tokopedia maupupun aplikasi chat lain seperti whatsapp mau pun sms, pastikan bahwa Anda tidak membuka link apapun selain yang berkaitan langsung dengan Tokopedia khususnya yang diinformasikan langsung pada halaman Tokopedia.
  5. Semua promo dan informasi akan di beritahukan melalui channel resmi Tokopedia. Seperti website tokopedia.com, email dengan domain @tokopedia.com, media sosial resmi Tokopedia seperti Twitter, Google+, Instagram, dan Blog Tokopedia.
  6. Verifikasi telepon Anda untuk kemudahan dan kenyaman berbelanja di Tokopedia. Apabila nomor telepon telah terverifikasi, maka Anda akan menerima kode OTP ke nomor telepon yang terverifikasi. Pastikan Anda tidak memberikan informasi kode OTP yang diterima kepada pihak manapun karena itu bersifat rahasia.
  7. Ganti password akun Tokopedia secara berkala.
Itu lah tips Cara menajga akun Tokopedia tetap aman dan tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sumber:Tokopedia

Artikel Terkait

Tips Menjaga Keamanan Akun Tokopedia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Promo Hotel

Booking.com